Ini Kabar Terbaru Proyek Satelit Satria, Meluncur Juni 2023

Rio Sandy Pradana
Senin, 8 Mei 2023 | 12:48 WIB
Ilustrasi peluncuran satelit menggunakan Roket SpaceX./ Dok. Reuters
Ilustrasi peluncuran satelit menggunakan Roket SpaceX./ Dok. Reuters
Bagikan

Adapun, Head of Satellite Division Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Bakti Kemenkominfo) Sri Sanggrama Aradea menilai Satelit Satria akan memberikan konektivitas internet secara merata di seluruh Indonesia.

Terlebih, sebagai negara kepulauan, saat ini masih banyak wilayah di Indonesia yang belum mendapatkan layanan internet, terutama pada daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T).

“Harapan kami Satelit Satria bisa mengkonektivitaskan daerah-daerah tersebut sehingga digital divide akan teratasi dan seluruh masyarakat mendapatkan keadilan sesuai yang diharapkan,” kata Aradea.

Secara terpisah, Satria Project Manager, Marc Courbin, menyampaikan Thales Alenias Space sangat bangga telah dipercaya Pemerintah Indonesia untuk memproduksi Satelit Satria. Saat ini, satelit sedang dalam tahap persiapan akhir.

"Nanti, pada pertengahan Juni, Satria akan diluncurkan dari Cape Canaveral, Amerika Serikat, hingga diperlukan waktu empat hingga lima bulan untuk mencapai posisi orbitnya dan mulai beroperasi pada akhir 2023," katanya.

Satelit Satria memiliki total kapasitas transmisi 150 Gbps dengan menggunakan teknologi Very High-Throughput Satellite (VHTS) dan frekuensi Ka-Band. Jumlah kapasitas transmisi tersebut tiga kali lebih besar dibandingkan dengan kapasitas sembilan satelit aktif yang digunakan Indonesia saat ini.

Satria juga diharapkan akan mampu melayani memfasilitasi sambungan internet di 150.000 layanan publik, seperti fasilitas pendidikan, pemerintah daerah, administrasi pertahanan keamanan, dan fasilitas kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper