Ciri-ciri Smartphone Anda Disadap dan Cara Menghentikannya!

Redaksi
Minggu, 24 Desember 2023 | 14:31 WIB
Ilustrasi orang sedang memeriksa penyadapan di smartphone
Ilustrasi orang sedang memeriksa penyadapan di smartphone
Bagikan

Cara Hentikan Smartphone yang Disadap

Jika smartphone kamu disadap, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Dikutip dari The Intercept, Minggu (24/12/2023), berikut adalah beberapa cara mengatasi smartphone disadap yang bisa dilakukan:

 1. Ganti Password Layar Smartphone

 Penyadapan adalah masalah terkait keamanan ponsel cerdas, maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti password pada layar smartphone. Pastikan Anda menggunakan password yang sulit dideteksi.

 Selain di layar smartphone, Anda juga dapat membuat password baru di berbagai aplikasi di smartphone, terutama pada aplikasi yang berfungsi untuk transaksi pembayaran.

 Untuk tindakan pencegahan lainnya, Anda dapat menginstal aplikasi pengelola kata sandi untuk melindungi semua akun dari pemblokiran di masa mendatang.

 2. Ganti Password Email

 Tidak hanya password layar smartphone, Anda juga perlu mengubah semua password akun email yang ada di smartphone. Pasalnya, email Anda sering kali terhubung dengan beberapa akun media sosial, aplikasi pembayaran, dan lain-lainnya. 

Selain itu, email juga menjadi salah satu sarana penyadapan utama bagi para hacker. Oleh karena itu, segera ubah password email Anda dan jangan lupa untuk mengatur alamat email cadangan yang otomatis terhubung dengan email utama Anda.

 3. Aktifkan Mode Device Care

Mode device care atau perawatan perangkat adalah salah satu fitur bawaan ponsel yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa kondisi perangkat dalam sekejap, seperti baterai, penyimpanan, dan sebagainya.

Selain itu, fitur ini juga berguna untuk memelihara kondisi smartphone dengan mudah tanpa sepengetahuan ahli. Hampir semua smartphone sudah memiliki fitur ini.

Jika smartphone anda mengalami kegagalan, segera aktifkan mode Device Care dengan masuk ke menu setting dan pilih Device Care untuk mengetahui status smartphone anda apakah mengandung malware atau tidak.

 4. Reset ke Mode Pabrik

Cara selanjutnya untuk menghentikan penyadapan smartphone adalah dengan melakukan factory reset atau master reset untuk mengembalikan smartphone ke pengaturan awal.

Perlu diingat, pengaturan mode pabrik akan menyebabkan semua data terhapus dan sistem operasi ponsel cerdas kembali ke pengaturan mode pabrik. Namun, tindakan ini dapat mencegah peretas mengakses seluruh data dan aplikasi yang terinstal di ponsel cerdas Anda.

5. Hubungi Call Center

Alternatif terakhir untuk menangani ponsel cerdas yang diretas adalah dengan menghubungi switchboard operator seluler Anda. Laporkan status ponsel cerdas yang dieksploitasi kepada operator.

Kemudian, pihak operator akan  menonaktifkan sementara kartu SIM yang Anda gunakan sehingga penyadap di ponsel cerdas Anda tidak dapat memperoleh informasi apa pun terkait SIM tersebut. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper