5 Tanda WhatsApp Kamu sedang Disadap Orang, Hati-hati Privasi!

Hesti Puji Lestari
Rabu, 17 Mei 2023 | 16:14 WIB
Pesan WhatsApp
Pesan WhatsApp
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan yang tak lepas dari pembajakan orang, baik yang dikenal ataupun tidak dikenal.

Pengembang memang telah mengatakan jika semua aktivitas yang dilakukan pengguna di aplikasi ini telah terenkripsi. Akan tetapi hal tersebut tak lantas membuat akun WhatsApp seseorang bebas dari pembajakan.

Ketika WhatsApp kamu dibajak, maka orang lain bisa memantau segala aktivitas perpesanan kamu. Bahkan beberapa orang yang telah ahli, bisa mengirim pesan tanpa kamu sadari.

Dilansir dari Tech Radar, ada setidaknya lima tanda jika akun WhatsApp kamu telah dibajak oleh orang lain. Menariknya, beberapa tanda ini kerap muncul tapi tak disadari oleh pengguna:

5 tanda akun WhatsApp dibajak

1. Terlihat online padahal sedang tidak aktif

Ini adalah tanda-tanda pertama yang kerap tak disadari. WhatsApp akan berstatus online jika penggunanya sedang aktif (dengan catatan mereka tak mematikan notifikasi online-nya).

Jika secara tiba-tiba status WA kamu online tapi Whatsapp tidak aktif, kondisi ini bisa jadi pertanda mencurigakan, salah satunya potensi penyadapan.

2. Kamu tiba-tiba menerima SMS kode OTP

Beberapa orang mengaku kerap mendapat SMS OTP dari WhatsApp padahal tidak sedang melakukan pengaturan ulang di aplikasi mereka.

Jika hal ini juga terjadi pada akunmu, maka kamu wajib waspada sebab kemungkinan ada orang lain yang sedang berusaha menyusup masuk.

3. Pesan tiba-tiba sudah berstatus dibaca

Jika kamu tidak mematikan notifikasi pesan dibaca, maka kamu akan mendapatkan tanda centang biru jika telah membaca pesan yng dikirim oleh orang lain.

Tapi pada beberapa kasus, centang biru tersebut sudah muncul meskipun kamu belum membuka pesan tersebut. Ini juga bisa menjadi tanda-tanda WA kamu mungkin sedang dibajak.

4. HP sering panas tanpa sebab

Jika baterai ponsel kamu sering terkuras lebih cepat dari biasanya dan kamu sering melihat unduhan sedang berlangsung, ada kemungkinan pihak ketiga sedang meretas ponsel kamu.

Tanda lainnya adalah ponsel sering panas sendiri meski layar dimatikan.

5. Keluar dari WhatsApp Web dengan sendirinya

Jika tiba-tiba WhatsApp kamu keluar dari WhatsApp Web secara tiba-tiba, maka ada kemungkinan orang lain sedang menyusup masuk.

Untuk melihat perangkat mana yang masuk ke platform tersebut, tekan ikon tiga titik di bagian kanan atas aplikasi. Pilih mode WhatsApp Web dan akan terlihat perangkat mana yang menggunakannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper