Pengguna WhatsApp Dapat Sembunyikan Pesan Rahasia dengan Fitur Baru Ini

Khadijah Shahnaz Fitra
Selasa, 16 Mei 2023 | 15:35 WIB
Tampilan fitur Kunci Chat, layanan terbaru dari WhatsApp/Meta 
Tampilan fitur Kunci Chat, layanan terbaru dari WhatsApp/Meta 
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp, platform media sosial dari Meta, baru saja meluncurkan kunci chat, yaitu cara mengunci pesan agar tetap privat dan aman.

CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan, kunci chat ini merupakan layanan terbaru di WhatsApp menjadikan percakapan pengguna lebih pribadi.

Mereka tersembunyi di folder yang dilindungi kata sandi dan pemberitahuan tidak akan menampilkan pengirim atau konten pesan.

WhatsApp menjelaskan, pihaknya menemukan cara baru untuk membantu menjaga pesan pengguna tetap privat dan aman.

"Hari ini, kami sangat senang karena dapat memperkenalkan fitur terbaru kami bernama Kunci Chat, yang memberikan perlindungan ekstra untuk chat paling rahasia Anda. Dengan mengaktifkan fitur Kunci Chat, utas chat akan dihapus dari kotak masuk dan ditempatkan di dalam folder khusus yang hanya dapat diakses dengan kata sandi atau metode keamanan biometrik perangkat Anda, seperti sidik jari," jelas WhatsApp dalam keterangan resmi, Selasa (16/5/2023).

Fitur tersebut juga secara otomatis menyembunyikan isi chat di notifikasi.

WhatsApp optimistis bahwa fitur ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang terkadang perlu berbagi ponsel dengan keluarga atau orang lain dalam beberapa kesempatan dan ketika chat rahasia masuk, mereka dapat merasa lebih aman dan terjaga privasinya.

Untuk mengunci chat, cukup ketuk satu per satu nama atau grup, lalu pilih opsi kunci. Untuk membuka chat ini, tarik kotak masuk Anda perlahan ke bawah dan masukkan kata sandi atau metode keamanan biometrik perangkat Anda.

"Dalam beberapa bulan ke depan, kami akan menambahkan beberapa opsi tambahan untuk fitur Kunci Obrolan, termasuk kemampuan untuk mengunci perangkat pendamping dan membuat kata sandi khusus untuk chat, sehingga Anda dapat menggunakan kata sandi unik yang berbeda dari kata sandi yang digunakan untuk mengunci ponsel Anda," demikian pernyataan WhatsApp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper