Google Maps Hadirkan Fitur Baru, Aksesibilitas Ramah Disabilitas

Redaksi
Rabu, 18 Oktober 2023 | 15:00 WIB
Pembaruan Google Maps/istimewa
Pembaruan Google Maps/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Google, mesin pencari Amerika Serikat, memperbaharui aplikasi Google Maps sehingga makin ramah bagi penyandang  disabilitas. 

Google menyampaikan bahwa jika Anda mengaktifkan akses kursi roda di preferensi transportasi umum Anda, maka secara otomatis akan berlaku untuk rute berjalan kaki ini juga. Namun, jika tidak memerlukan petunjuk arah berjalan kaki, Anda dapat mengakses petunjuk arah tanpa tangga dengan mengetuk tiga titik di bagian atas layar dan mengaktifkan opsi kursi roda. 

Opsi baru tersedia secara bertahap di iOS dan Android, yang memungkinkan pengguna Maps meminta petunjuk arah berjalan tanpa tangga. 

Berikut sejumlah fitur terbaru di Google Maps

1. Petunjuk Arah Berjalan Kaki Bagi Pengguna Kursi Roda 

Google akan meluncurkan opsi untuk meminta petunjuk arah berjalan kaki bagi pengguna kursi roda di seluruh dunia pada iOS dan Android. Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan petunjuk arah tanpa tangga.

Selain itu, Google juga akan memberikan informasi akses kursi roda yang akan tersedia di  banyak produk Google lainnya, khususnya Maps untuk Android Auto dan mobil yang dilengkapi Google, untuk membantu Anda bepergian dengan percaya diri. 

Fitur aksesibilitas kursi roda sangat bermanfaat bagi masyarakat yang berpergian dengan membawa bagasi dan kereta bayi akan tersedia secara global asalkan perusahaan memiliki data yang dapat memadai wilayah tersebut.

Saat Anda mencari suatu tempat dan mengetuknya, ikon kursi roda akan muncul jika tempat tersebut memiliki pintu masuk tanpa tangga, toilet yang dapat diakses, tempat parkir, atau tempat duduk. 

2. Pengidentifikasi Bisnis Milik Penyandang Disabilitas 

Menemukan dan mendukung bisnis milik disabilitas juga lebih mudah melalui Maps dan Penelusuran. Jika suatu bisnis memilih untuk mengidentifikasi dirinya sebagai milik penyandang disabilitas yang tercantum di Maps dan Penelusuran, informasi ini akan muncul di profil bisnis bisnis tersebut. 

Tentu saja, hal ini akan memberikan informasi lebih rinci kepada pelanggan tentang bisnis tersebut dan memberikan kesempatan kepada penjual untuk mengidentifikasi dirinya sebagai anggota komunitas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper