Cara Menghentikan Microsoft Edge dari Impor Data Jelajah Google Chrome

Redaksi
Minggu, 15 Oktober 2023 | 15:22 WIB
Logo Microsoft/ Bloomberg
Logo Microsoft/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Microsoft Edge, mesin pencari yang dikembangkan berbasis Chromium, dapat mengimpor data penjelajahan Chrome secara otomatis saat peluncuran. Namun, ada cara untuk menghentikan browser dari impor data tersebut.

Tentunya semua browser web modern hadir dengan opsi impor untuk mengimpor aktivitas penelusuran browser lainnya. Hal ini adalah fitur yang berguna bagi pengguna yang ingin bermigrasi ke browser lain atau menjalankannya secara berdampingan di perangkat Microsoft Edge.

Impor dapat mencakup riwayat penelusuran, tab yang terbuka, kata sandi, bookmark, dan data pribadi lainnya.

Pasalnya, pengguna berhak menyampaikan pendapatnya mengenai masalah ini. Browser yang telah diinstal yang menampilkan popup dengan pilihan untuk mengimpor aktivitas data. 

Microsoft sedang menguji fitur impor otomatis baru mengimpor data dari Google Chrome secara otomatis. Hal ini terjadi ketika Edge dibuka dan tentu saja hanya jika Chrome juga diinstal. 

Fitur tersebut tampaknya khusus untuk Windows pada saat itu dan terbatas pada versi pengembangan Edge.

Ada pilihan impor otomatis tidak tersedia di Edge Stable 117, tetapi di Edge Canary 120. Dengan fitur impor otomatis tidak diuji di Edge Stable, karena Microsoft memiliki kebiasaan menguji fitur aksesibilitas.

Sebagai contoh, ketika mencoba masuk ke situs web dan mendapatkan opsi untuk mengisi kata sandi secara otomatis, yang tidak pernah mereka tambahkan ke Edge.

Data yang Diimpor Edge Secara Otomatis 

Fitur ini aktif secara default dan Microsoft Edge akan mengimpor data berikut dari Google Chrome setiap kali dimulai seluruh riwayat penelusuran, pengaturan isi otomatis, semua cookie browser, informasi pembayaran, dan data sandi yang disimpan.

Impor otomatis mencakup informasi sensitif. Selain kata sandi yang disimpan, Edge juga mengimpor informasi pembayaran dan cookie browser, yang mungkin berisi informasi sesi, dari Google Chrome.

Masalah utama dengan fitur ini adalah fitur ini diaktifkan secara default dan Edge tidak memberi tahu pengguna tentang hal itu. Jika sinkronisasi diaktifkan, semua data akan disinkronkan ke semua perangkat dengan Microsoft Edge, asalkan Anda masuk dengan akun pengguna yang sama.

Matikan Impor Browser Otomatis Microsoft Edge 

Pengguna Windows yang tidak ingin Edge mengimpor data dari Chrome secara otomatis harus aktif untuk mencegah hal ini. Opsi terbaik adalah memuat edge://settings/profiles/importBrowsingData di Microsoft Edge secara langsung.

Hal ini akan membuka halaman preferensi Impor data browser di browser web. Microsoft Edge mencantumkan browser yang didukung di halaman. 

Opsi baru yaitu impor data penjelajahan pada setiap peluncuran browser yang tercantum di Google Chrome. Ini adalah satu-satunya browser web yang fiturnya tersedia saat itu.

Untuk menghentikan impor aktivitas penjelajahan otomatis dari Chrome ke Edge, berikut langkahnya:

1.Aktifkan tombol Edit preferensi di sebelah Impor data penjelajahan pada setiap peluncuran browser.

2. Pilih matikan di bagian atas untuk menghentikan proses otomatis. Sebagai alternatif, Anda dapat menonaktifkan masing-masing item, jika Anda menginginkannya. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper