3 Rekomendasi Dongle TV, Mulai dari Google Chromecast hingga PC Stick

Redaksi
Rabu, 18 Oktober 2023 | 14:32 WIB
Ilustrasi orang menonton televisi/unsplash
Ilustrasi orang menonton televisi/unsplash
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa orang mungkin biasa menggunakan dongle untuk mencari hiburan berkualitas di televisi. Namun, tahukah Anda, banyak jenis dongle dengan harga menarik, yang bisa Anda gunakan. 

Jika Anda pengguna Amazon, Anda pasti mengenal perangkat Fire Tv, yang dapat mengubah TV apa pun dengan port HDMI menjadi TV pintar. Asisten suara Amazon fitur Alexa, sudah ada di dalamnya, dan perusahaan menawarkan opsi 4K dengan biaya yang tidak terlalu banyak.

Fitur bawaan Alexa tidak hanya membantu Anda meluncurkan aplikasi dan memilih film. Ini sepenuhnya terintegrasi ke dalam rumah pintar Anda, sehingga Anda dapat menggunakan Fire TV Stick untuk menggantikan Echo atau speaker pintar lainnya di dalam ruangan.

Untuk mendapatkan Fire TV Stick seharga US$20-40 atau sekitar Rp314.460. jika Anda membayar harga penuh. Untuk versi 4K berharga antara US$50-60 setara Rp785.150.

Namun, banyak alternatif Fire Tv Stick di pasar yang menawarkan harga serupa dengan perangkat Amazon dengan fungsi yang hampir sama. 

Berikut alternatif  tersebut!

1. Google Chromecast

Chromecast adalah gadget praktik untuk streaming Netflix, YouTube, dan konten lainnya dari perangkat seluler ke televisi Anda dikembangkan oleh Google. Namun, masih memerlukan koneksi Wifi yang kuat untuk mengirimkan streaming tanpa ada buffer. 

Pengguna dapat mengontrol pemutaran menggunakan perangkat seluler atau komputer pribadi melalui web dan aplikasi seluler yang mendukung protokol Google Cast, atau dengan mengeluarkan perintah melalui Asisten Google.

Google Chromecast generasi terbaru hanya mengeluarkan biaya sekitar $35, dan bisa lebih murah lagi jika Anda mendapatkan diskon. Seperti Fire TV Stick dan perangkat serupa, mampu memahami perintah suara berkat Asisten Google bawaannya. 

Perlu dicatat bahwa Asisten Google adalah salah satu asisten suara terbaik di pasaran saat ini. Hal ini setara dengan Siri dan Alexa, jadi jika fungsionalitas suara dan integrasi rumah pintar adalah prioritas Anda, tetapi Anda menginginkan alternatif selain Fire TV Stick, maka Chromecast adalah salah satu pilihan terbaik Anda.

2. Tongkat Roku

Roku Stick adalah perangkat portabel kecil yang memungkinkan pengguna melakukan streaming video dan konten lainnya dari Internet ke TV mereka. Kebanyakan stick Roku memiliki port berikut:

1. Port HDMI 

Port HDMI digunakan untuk menghubungkan stik Roku ke televisi.

2. Port Micro USB

 Port micro USB digunakan untuk memberi daya pada stick Roku. Stik Roku dapat diberi daya menggunakan kabel micro USB dan adaptor daya yang kompatibel, seperti pengisi daya telepon.

3. Antena WiFi

Kebanyakan stik Roku memiliki antena WiFi internal yang digunakan untuk terhubung ke internet.

Beberapa model stick Roku yang lebih baru mungkin juga memiliki port atau fitur tambahan, seperti port Ethernet atau konektivitas Bluetooth. Semua manfaat Roku Stick sama dengan Fire TV Stick, kecuali asisten suara Amazon yang jauh lebih baik dan tidak ada akses ke aplikasi dan game Android.

3. PC Stick

PC Stick mungkin lebih mahal dari yang lain. Tetapi jika Anda memiliki anggaran antara $100 dan $200, mungkin ada baiknya mempertimbangkan PC stick. Percaya atau tidak, mereka tidak mati pada tahun 2017 dan, pada kenyataannya, masih tersedia di toko-toko seperti Amazon.

Perangkat ini berukuran hampir sama dengan Fire TV Stick tetapi berfungsi seperti komputer lengkap. Mereka sering kali menjalankan versi Windows atau Chrome OS yang disederhanakan dan mengharuskan Anda menyambungkan keyboard dan mouse Bluetooth yang tidak dapat Anda gunakan dengan remote.

Dari segi kelemahan, UI-antarmuka pengguna mirip dengan apa yang Anda alami di laptop atau desktop. Bagi penggunaan yang tidak semulus dan semudah bilah streaming khusus, dan Anda harus bereksperimen dengan resolusi dan penskalaan untuk melihat apa yang Anda ketik di bilah alamat browser Anda. Namun sebagai imbalannya Anda akan mendapatkan komputer yang lengkap.

Dalam hal fitur, Anda akan dapat melakukan lebih banyak hal di PC stick daripada streaming stick. Mereka setara dengan laptop kelas bawah dan Chromebook dalam hal daya, sehingga Anda dapat bermain game. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper