5 Terpopuler Teknologi, Kabel Optik Telkom di Papua Dipotong dan 3 Cara Membedakan Ponsel Resmi & Ilegal

Pemerintah menyatakan ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkom menjadi berita terpopuler di kanal Teknologi Bisnis.com pada Jumat (30/8/2019).
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 30 Agustus 2019  |  18:45 WIB
5 Terpopuler Teknologi, Kabel Optik Telkom di Papua Dipotong dan 3 Cara Membedakan Ponsel Resmi & Ilegal
Suasana aksi unjuk rasa di Jayapura, Papua, Kamis 29 Agustus 2019. - Antara/Dian Kandipi

1. Kabel Optik Telkom di Papua Dipotong

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan ada yang memotong kabel utama jaringan optik PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. yang mengakibatkan matinya seluruh layanan telekomunikasi di beberapa wilayah Jayapura.

Dalam pernyataan resminya, Kamis (29/8), Menkominfo Rudiantara mengatakan Telkom sedang berusaha untuk memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik agar layanan suara dan SMS bisa segera difungsikan kembali.

Baca selengkapnya di sini.

2. Investasi ke Healthtech Melonjak Tiga Kali Lipat

Pendanaan ke perusahaan rintisan yang bergerak di bidang teknologi kesehatan di Asia Tenggara melonjak selama semester I/2019. Mayoritas pendanaan masuk ke perusahaan asal Singapura dan Indonesia.

Laporan Galen Growth Asia bertajuk Healthtech Investment Landscape mencatat, investasi ke perusahaan rintisan di bidang healthtech di Asia Tenggara mencapai US$189 juta sepanjang paruh pertama tahun ini. Pendanaan ini meningkat tiga kali lipat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Sejalan dengan volume investasi, jumlah kesepakatan juga meningkat 23% menjadi 27 pendanaan.

Baca selengkapnya di sini.

3. Apple Akan Hentikan Praktik Penyimpanan Rekaman Siri

Apple Inc mengumumkan akan berhenti menyimpan praktik standar penyimpanan rekaman pengguna Siri. Selama ini, Apple menyimpan rekaman pengguna ketika meggunakan asisten pribadi milik Apple, Siri.

Sebelumnya pada awal Agustus, perusahaan teknologi tersebut menghentikan Siri sementara. Saat itu, Apple melibatkan manusia dalam pengoperasian Siri dengan maksud meningkatkan akurasi rekaman suara Siri, seperti dikabarkan Reuters, Jumat (30/8/2019).

Baca selengkapnya di sini.

4. Serangan Siber PQC Mampu Tembus Enkripsi Paling Canggih

Post Quantum Cryptography (PQC) menjadi jenis serangan baru yang diperkirakan melanda dunia siber dalam 10 tahun ke depan.

Senior Vice President DigiCert untuk Asia Pasifik, Ray Garnie, mengatakan jenis serangan tersebut mampu menembus sistem enkripsi paling mutakhir saat ini, yakni 2.048 bit RSA Encryption hanya dalam waktu 8 jam.

Baca selengkapnya di sini.

5. 3 Cara Membedakan Ponsel Resmi dan Ilegal

Maraknya peredaran ponsel ilegal di pasaran menuntut masyarakat lebih jeli saat membeli barang tersebut. Alhasil beberapa langkah perlu dilakukan untuk memastikan gawai yang akan dibeli benar-benar resmi.

Heru Prasetyo Kasi Manajemen dan Tata Kelola Teknologi Informasi Direktorat Standarisasi PPI Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo menyebut ada beberapa langkah sederhana yang perlu diperhatikan sebelum yakin membeli ponsel kesukaan.

Baca selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ponsel, apple, papua, telkom, enkripsi, StartUp, imei, serangan siber

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top