Armada Qatar Airways Boeing 777 Gunakan Layanan SpaceX Starlink

Rika Anggraeni
Jumat, 31 Mei 2024 | 16:55 WIB
Perangkat Starlink. / dok. Starlink
Perangkat Starlink. / dok. Starlink
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Layanan SpaceX Starlink milik Elon Musk akan diluncurkan pada pesawat Boeing 777-300ER Qatar Airways pada akhir kuartal IV/2024.

Hal itu disampaikan Qatar Airways, @qatarairways, dalam akun resmi X (dahulu bernama Twitter) pada 29 Mei 2024.

Dalam unggahan tersebut, Qatar Airways menyampaikan bahwa pihaknya menjadi maskapai pertama di wilayah MENA yang bekerja sama dengan SpaceX Starlink milik Elon Musk.

“Tiga Boeing 777-300 akan menjadi pesawat pertama dalam armada Qatar Airways yang ditingkatkan dengan Wi-Fi Starlink yang revolusioner, berkecepatan ultra-tinggi, dan latensi rendah di dalam pesawat pada kuartal terakhir tahun ini,” kata Qatar Airways, dikutip pada Jumat (31/5/2024).

Maskapai internasional itu mengumumkan bahwa internet Starlink akan tersedia di tiga pesawat Boeing 777-300ER. Qatar Airways berencana untuk membuat layanan SpaceX Starlink tersedia di pesawat dalam dua tahun mendatang.

Dilansir dari Teslarati, Jumat (31/5/2024), penumpang dapat menikmati Wi-Fi ultra-tinggi dengan gratis hingga 500 Megabit per detik untuk menonton film favorit, menonton olahraga secara langsung, dan menikmati permainan online di ketinggian 30.000 kaki.

Pada Oktober 2023, Qatar Airways mengumumkan kerja sama dengan SpaceX untuk membawa internet Starlink ke beberapa pesawat dan rute tertentu.

"Kerja sama menarik ini tidak hanya sejalan dengan pendekatan kami yang memimpin dalam adopsi teknologi tetapi juga merupakan kesempatan yang tidak dapat dilewatkan untuk menghubungkan Starlink dengan penumpang global kami,” kata Chief Executive Group Qatar Airways Akbar Al Baker.

Qatar Airways berharap penumpang mendapatkan manfaat dari penambahan canggih ini pada pengalaman penerbangan Qatar Airways.

Maskapai penerbangan sebelumnya menyatakan bahwa pelanggan dapat mengakses kecepatan Wi-Fi hingga 350 Mbps di penerbangan dengan Starlink.

Namun, perkiraan tersebut sebelum SpaceX mendapatkan Lisensi FCC untuk menggunakan piringan Starlink V4 yang baru pada kendaraan bergerak, termasuk mobil, kapal, dan pesawat. Piringan V4 Starlink mungkin menawarkan kecepatan yang lebih baik.

Selain Qatar Airways, Starlink juga tersedia di pesawat Hawaiian Airlines, JSX, AirBaltic, dan ZIPAIR.

Adapun, Starlink baru-baru ini mengumumkan bahwa telah mengumpulkan 3 juta pelanggan di 99 negara di seluruh dunia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper