Luhut Pastikan Elon Musk Resmikan Starlink Besok, Ini Agendanya!

Alifian Asmaaysi
Sabtu, 18 Mei 2024 | 18:20 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu CEO Tesla Elon Musk di Giga Factory, Austin, Texas / Dok. Instagram Luhut.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu CEO Tesla Elon Musk di Giga Factory, Austin, Texas / Dok. Instagram Luhut.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bos SpaceX Elon Musk akan meresmikan layanan internet Starlink di Indonesia besok, Minggu (19/5/2024).

Sejalan dengan rencana tersebut, Luhut membocorkan bahwa Elon bakal mendarat di Denpasar pda pukul 08.00 WITA. Sedangkan, proses peresmian tersebut akan dilakukan di salah satu puskesmas di Bali.

"Elon Musk besok pagi mendarat di Bali sudah kita atur smua acaranya. Dan siangnya akan launching Stralink," tuturnya saat ditemui di Kura - Kura Beach (KKB), Bali pada Sabtu (18/5/2024).

Luhut menjelaskan, nantinya peluncuran Starlink yang dilakukan Elon Musk itu bakal didampingi oleh Menteri Kesehatan yakni Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kominfo yakni Budi Arie Setiadi dan Menteri Kelautan dan Perikanan RI yakni Sakti Wahyu Trenggoni.

Luhut berharap, peresmian Starlink tersebut dapat menjadi langkah strategis dalam memperkuas cakupan internet di Indonesia.

"Ini satu langkah bagus, dengan demikian daerah terpencil kita tecover dengan internet bagus. Ini akan bagus untuk kesehatan dan pendidikan," tegas Luhut.

Sebagai informasi, kabar mengenai Elon Musk bakal ke Indonesia untuk meneken peresmian Starlink sempat disampaikan oleh Menkominfo pada Rabu (15/5/2024).

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan bahwa dalam acara WWF 2024, Elon Musk akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ke Bali [Elon Musk], katanya. Iya [acara WWF] tunggu saja,” tandasnya.

Sebelumnya, PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia. Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk itu memastikan kerja sama tak mengganggu keamanan dan kedaulatan nasional.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf dengan VP Starlink Commercial Sales. 

Direktur Utama Telkomsat Lukman Hakim Abd. Rauf mengatakan kerja sama ini memungkinkan Telkomsat untuk menggelar layanan bisnis (business services) berbasis Starlink yang kompetitif dan setara dengan penawaran paket bisnis yang ditawarkan melalui website Starlink.

“Momentum kerja sama ini semakin mengukuhkan posisi Telkomsat sebagai mitra strategis pertama dan utama Starlink di Indonesia,” kata Lukman dalam siaran pers, Sabtu (18/5/2024). 

Dilansir dari laman resmi starlink, paket enteprise Starlink terbagi menjadi tiga paket yaitu Lokasi Tetap, Mobilitas Darat, dan Maritim.

Berikut penjelasan lengkap dan harga setiap paket layanan internet Starlink.

Paket internet ini masuk ke dalam kategori Bisnis yang memiliki kuota standar tanpa batas dengan harga mulai dari Rp1,1 juta untuk prioritas-40 GB hingga Rp12,3 juta untuk prioritas-6TB. 

Kemudian paket mobilitas darat dari Rp4,3 juta per bulan hingga Rp86 juta. Terakhir, paket maritim mulai dari Rp4,3 juta untuk prioritas Mobile-50 GB hingga Rp86 juta untuk prioritas mobile-5TB. 

Sebagaimana diketahui bahwa Telkomsat telah menjalin kerja sama dengan Starlink sejak 2021 dan telah menggelar layanan backhaul Starlink sejak 2022 dengan memanfaatkan hak labuh yang telah diberikan oleh pemerintah. 

Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper