Elon Musk Bakal ke RI Bertemu Jokowi di WWF ke-10, Kali Ini jadi Datang?

Rika Anggraeni
Rabu, 15 Mei 2024 | 15:41 WIB
Chief Executive Officer Tesla Elon Musk masuk ke dalam mobil Tesla saat meninggalkan sebuah hotel di Beijing, Cina 31 Mei 2023. REUTERS/Tingshu Wang/File Foto
Chief Executive Officer Tesla Elon Musk masuk ke dalam mobil Tesla saat meninggalkan sebuah hotel di Beijing, Cina 31 Mei 2023. REUTERS/Tingshu Wang/File Foto
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan bahwa CEO SpaceX Elon Musk akan berkunjung ke Indonesia dalam forum internasional World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. Elon Musk kabarnya bakal bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya, Elon Musk juga disebut-sebut akan hadir dalam rangkaian acara KTT G20 Bali, yaitu B20 Summit. Sayangnya, pemilik Tesla itu tak hadir kala itu. Lantas, apakah kali ini Elon Musk akan datang ke Indonesia?

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyampaikan bahwa Elon Musk diperkirakan akan hadir di acara WWF 2024 di Bali.

“Ke Bali [Elon Musk], katanya. Iya [acara WWF] tunggu saja,” kata Budi saat ditemui di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Budi menuturkan bahwa dalam gelaran WWF 2024, Elon Musk akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, Budi tak memberikan informasi lebih lanjut terkait agenda yang akan dibahas dalam pertemuan internasional itu.

“Tunggu pembicaraan Presiden dengan Mr Elon Musk, kalau dia hadir,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan juga menyatakan bahwa Elon Musk akan meresmikan satelit internet Starlink di acara WWF ke-10 mendatang.

“Kita berharap nanti kehadiran banyak kepala negara dan Elon Musk nanti juga akan meresmikan mengenai Starlink untuk mempermudah komunikasi kita di daerah-daerah terpencil, akan dilakukan nanti pada hari Minggu,” ungkap Luhut.

Lebih lanjut, Luhut menuturkan bahwa Elon Musk akan diundang sebagai pembicara publik di pembukaan WWF 2024.

Menjelang kedatangannya ke Indonesia, Elon Musk juga sebelumnya disebut-sebut akan hadir langsung di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia pada 13–14 November 2022.

Bahkan, Elon Musk masuk ke daftar tokoh penting untuk menghadiri KTT G20 di Bali. Namun nyatanya, kala itu, Elon Musk yang juga CEO Tesla batal hadir secara langsung di rangkaian G20.

Kendati demikian, Elon Musk tetap menghadiri acara B20 Summit secara virtual dengan latar belakang gelap gulita pada Senin (14/11/2022). Kala itu, Elon Musk mengenakan batik mengenakan berwarna hijau tua dengan motif batik Bomba yang berasal dari Sulawesi Tengah.

Berdasarkan catatan Bisnis, kehadiran Elon Musk secara virtual menarik para tamu dan pembicara lain. Pasalnya, Elon Musk mengaku bahwa dirinya hadir di B20 Summit secara virtual saat gelap gulita karena mengalami mati listrik.

“Kami sedang mengalami mati listrik, beberapa menit sebelum acara dimulai,” kata Musk, Senin (14/11/2022).

Elon Musk mengakui dirinya tidak bisa berkata-kata. Dia kemudian tertawa dan mengomentari videonya yang tengah berada dalam kegelapan.

“Saya duduk dalam gelap dikelilingi lilin. Ini sangat aneh,” ungkapnya sambiil tertawa. Ucapannya tersebut kemudian disambut tawa para pengunjung acara B20 Summit 1-on-1 Navigating Future Disruption of Global Technological Innovation di Bali Nusa Dua Convention Center.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper