Telkomsel Berharap Starlink Mendapat Perlakuan yang Sama dengan Pemain Lokal

Rika Anggraeni
Jumat, 19 April 2024 | 14:00 WIB
Satelit SpaceX meluncurkan 12 Starlink dari Florida, Amerika Serikat/dok. Tangkapan layar SpaceX
Satelit SpaceX meluncurkan 12 Starlink dari Florida, Amerika Serikat/dok. Tangkapan layar SpaceX
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) berharap pemerintah menerapkan kebijakan yang sama seperti pemain telekomunikasi dalam negeri kepada satelit Starlink.  

VP Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel Saki H. Bramono menyampaikan penerapan kebijakan yang sama bertujuan agar tercipta persaingan yang adil.

“Telkomsel berharap pemerintah dapat memberikan kesetaraan dalam pemberlakuan pemenuhan kewajiban penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia kepada Starlink, sehingga tercipta equal playing field yang adil,” kata Saki kepada Bisnis, Jumat (19/4/2024).

Saki menjelaskan kesetaraan tersebut mulai dari kewajiban pendirian badan usaha yang berkedudukan di Indonesia, penerapan kebijakan perpajakan, serta kewajiban pembayaran dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Selain itu, juga adany kewajiban pemenuhan QoS, tingkat komponen dalam negeri (TKDN), hingga aspek potensi interferensi, aspek perlindungan dan keamanan data, serta aspek kedaulatan bangsa.

“Telkomsel berharap bahwa persaingan yang sehat dan adil akan mendorong inovasi dan pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang lebih baik, yang pada akhirnya akan mendatangkan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi dan kemajuan bangsa dan negara secara keseluruhan,” tuturnya.

Di tengah rencana uji coba Starlink di IKN, Saki menyampaikan bahwa Telkomsel memahami pentingnya konektivitas yang andal dan berkualitas di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kalimantan.

Saki menyatakan bahwa Telkomsel telah konsisten mengembangkan infrastruktur jaringan seluler di Kalimantan, termasuk mengelola bisnis jaringan internet rumah melalui layanan IndiHome.

“Saat ini layanan Telkomsel di Kalimantan telah mendukung sebagian besar wilayah dengan jaringan seluler berteknologi terkini 4G/LTE dan 5G, serta jaringan fiber optik yang cepat dan stabil,” terangnya.

Sami menambahkan bahwa Telkomsel terus berupaya memperluas cakupan dan meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi digital di Kalimantan, termasuk di daerah perbatasan. Hal itu dilakukan untuk memastikan masyarakat dapat menikmati akses digital secara merata dan setara.

“Dengan infrastruktur jaringan yang kuat dan layanan yang inovatif, Telkomsel siap mengawal IKN dengan layanan telekomunikasi digital yang berkualitas sesuai kebutuhan para pelanggan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper