Trafik Telkomsel Naik 13% Lebaran 2024, Pemakaian Whatsapp dan TikTok Melesat

Rika Anggraeni
Rabu, 17 April 2024 | 10:40 WIB
Petugas sedang memeriksa kecepatan internet/dok. Telkomsel
Petugas sedang memeriksa kecepatan internet/dok. Telkomsel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mencatat peningkatan trafik internet mencapai 13% pada libur lebaran dibandingkan hari biasa atau 15,08% lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya. 

Telkomsel mengungkap aplikasi WhatsApp, Instagram, hingga TikTok mengalami peningkatan aktivitas akses sepanjang momen Lebaran 2024.

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan bahwa selama periode Ramadan dan Idulfitri 1445 H, Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital.

Perinciannya, lonjakan trafik Telkomsel di antaranya mobile gaming yang naik 78,51%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) naik 28,52%, dan trafik video streaming turut tumbuh 15,94%.

Selain itu, Telkomsel juga mencatat trafik layanan yang mengakses e-commerce meningkat 15,77%. Begitu pula dengan akses media sosial yang naik 14,07%, dan akses browsing tumbuh 9,74%.

Di samping itu, Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi digital favorit seperti WhatsApp atau naik 40,09% dan Instagram juga terpantau naik 24,51%.

“Peningkatan aktivitas akses pada platform TikTok juga naik 17,82%, YouTube naik 15,28%, dan Facebook naik 11,17%,” ungkap Saki dalam keterangan tertulis, dikutip pada Rabu (17/4/2024).

Di sisi lain, Telkomsel mencatat untuk trafik layanan SMS tercatat turun 10,40% dan layanan suara juga turun 18,52% dibandingkan hari biasa.

“Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi pada pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen RAFI [Ramadan dan Idulfitri] 2024 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Saki mengklaim bahwa Telkomsel dapat mengawal dan melayani pelanggan setia tanpa gangguan yang berarti pada momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H.

Data Telkomsel menunjukkan lima wilayah kota/kabupaten di Indonesia yang memiliki pertumbuhan trafik penggunaan data tertinggi.

Rinciannya, Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) tercatat mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 57,42%, Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) naik 55,25%, dan Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) naik 54,48%.

Mengekor, Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) juga menjadi wilayah dengan trafik penggunaan data tertinggi, yaitu naik 47,11%, disusul Kabupaten Cirebon (Provinsi Jawa Barat) naik 34,49%.

Selain itu, data Telkomsel juga menunjukkan bahwa Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Cilacap menjadi lima wilayah destinasi tujuan mudik yang mengalami pergerakan pelanggan Telkomsel paling signifikan.

“Peningkatan signifikan trafik internet Telkomsel merupakan bukti nyata dari kepercayaan pelanggan dalam menggunakan layanan Telkomsel, sekaligus menunjukkan keberhasilan strategi optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan terdepan yang difokuskan pada 444 Point of Interest [POI] di berbagai wilayah Indonesia,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper