Ambisi Apple Tancapkan Cengkeram di Asia Tenggara

Redaksi
Rabu, 17 April 2024 | 15:53 WIB
Ambisi Apple Tancapkan Cengkeram di Asia Tenggara. CEO Apple Tim Cook./ Bloomberg
Ambisi Apple Tancapkan Cengkeram di Asia Tenggara. CEO Apple Tim Cook./ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan teknologi Amerika Serikat (AS) yakni Apple kian menampakkan ambisinya untuk memperkuat cengkeramnya di negara-negara kawasan Asia Tenggara. Hal itu tampak dari rencana investasi di negara seperti Indonesia dan Vietnam.

Adapun, pekan ini Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh mengatakan kepada CEO Apple Tim Cook bahwa Vietnam akan membentuk kelompok kerja untuk mendukung investasi Apple.

“Hari ini, Apple mengumumkan akan meningkatkan belanja pemasok di Vietnam, seiring dengan kemajuan baru dalam inisiatif mendukung air bersih untuk sekolah-sekolah lokal,” ujar manajemen Apple, dikutip dari Reuters, Rabu (17/4/2024).

Anggaran untuk mendukung investasi tersebut mencapai sekitar US$15,84 miliar dan telah menciptakan sekitar 200.000 lapangan kerja.

Selama ini Apple telah memproduksi iPad, AirPods, dan Apple Watch di Vietnam serta pemasok MacBook yang juga berinvestasi di negara Asia Tenggara.

Menurut daftar pemasok terbarunya, Apple memiliki 25 pemasok di Vietnam pada 2022, sama seperti tahun sebelumnya pada 2023 dan meningkat dari 21 pada 2020.

Pemasok tersebut termasuk Foxconn, GoerTek, Luxshare, Intel, Samsung Electronics, dan Compal.

Adapun Foxconn, berencana pindah ke Vietnam dan beberapa di antaranya mengalihkan sebagian aktivitas ke luar China, di tengah ketegangan AS dan China.

Vietnam sedang mencari dukungan dari Apple untuk mengembangkan energi terbarukan serta pelatihan sumber daya manusia berkualitas tinggi.

Di sisi lain, saat Cook bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta pada Selasa (16/4/2024), dia mengatakan bahwa Apple akan mempertimbangkan untuk membangun fasilitas manufaktur di Indonesia.

“Kami berbicara tentang keinginan presiden untuk melihat manufaktur di dalam negeri [Indonesia] dan itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan,” kata Cook.

Meski belum memiliki fasilitas manufaktur di Indonesia, tetapi Apple telah mendirikan empat Apple Developer Academies.

Cook menyatakan bahwa akademi untuk pengembang Apple akan segera diresmikan di Bali. Indonesia dianggap memiliki populasi besar yang paham teknologi sehingga dapat menjadi target pasar utama untuk investasi terkait teknologi. (Chatarina Ivanka)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper