Pemerintah Tawarkan Apple Untuk Ambil Komponen Ponsel dari RI

Akbar Evandio
Rabu, 17 April 2024 | 15:12 WIB
CEO Apple Tim Cook tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (17/4/2024). JIBI/Akbar Evandio
CEO Apple Tim Cook tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (17/4/2024). JIBI/Akbar Evandio
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang menyampaikan peluang paling ideal kerja sama Indonesia dengan Apple.

Agus memastikan bahwa pemerintah siap memfasilitasi apabila Apple Inc. tertarik untuk melakukan business matching atau pencocokan bisnis.

Dia mengatakan pemerintah melalui Kementerian Perindustrian akan menjembatani kebutuhan perusahaan yang dinahkodai CEO Apple Inc. Tim Cook itu untuk menyesuaikan kebutuhan komponen-komponen yang diperlukan Apple di Indonesia.

Menurutnya, upaya pencocokan bisnis pun lebih memiliki peluang untuk berjalan dengan leluasa dibandingkan opsi untuk membangun pabrik manufaktur untuk gawai Apple di Indonesia.

Hal ini dia sampaikan saat memberikan keterangan usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuannya dengan CEO Apple Inc Tim Cook di Istana Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/4/2024).

"Kemenperin akan melakukan proses business matching. Kami sudah punya listnya terhadap komponen-komponen apa saja, komponen-komponen HP cellphone yang sudah diproduksi di Indonesia yang mungkin bisa kita kawinkan, namanya business matching," katanya kepada wartawan.

Meski begitu, dia mengamini bahwa orang nomor satu di Indonesia itu memang menginginkan agar perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat (AS) tersebut mau untuk memperluas bisnisnya di Indonesia dengan membangun pabrik di Indonesia, selain investasi yang sudah ada dan berjalan, yaitu pengembangan talenta digital melalui Apple Academy.

Oleh sebab itu, Agus menekankan bahwa selain membangun pabrik, pencocokan bisnis dapat dilakukan karena Apple dapat memanfaatkan komponen-komponen, seperti baterai, kabel dan lain-lain yang sudah diproduksi di Indonesia.

"Jadi ada dua [opsi] kalau bicara manufacturing, mulai pabrik sendiri atau gunakan yang diproduksi di Indonesia dengan berbagai penyesuaian spesifikasinya," tandas Agus.

Senada, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memaparkan bahwa dari 360 komponen yang dibutuhkan dalam memproduksi produk Apple, hanya 2 komponen yang tersedia di Indonesia.

"Jadi 360 komponen itu hanya dua dari Indonesia, dibanding Vietnam [memiliki] 72 [komponen]. Pak Presiden juga minta Tim Cook kalau bisa lebih banyak lagi komponen dari Apple ini dibuat di Indonesia," pungkas Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Muhammad Ridwan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper