Pabrik Ponsel Apple Dinilai Jadi Magnet RI Tarik Investasi Asing

Crysania Suhartanto
Senin, 25 Maret 2024 | 17:38 WIB
Logo Apple Inc. di salah satu tokonya di AS/ Bloomberg
Logo Apple Inc. di salah satu tokonya di AS/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Center of Economic and Law Studies (Celios) menilai keberadaan pabrik ponsel Apple dinilai akan membuat Indonesia makin dilirik oleh asing. 

Direktur Ekonomi Digital Celios Nailul Huda pun meminta agar pemerintah berusaha maksimal untuk membuat Apple membangun pabrik atau setidaknya memiliki toko di Indonesia. 

“Maka investasi Apple ini harus dipandang sebagai langkah penting dalam menggaet produsen teknologi global. Apple Academy untuk meningkatkan SDM, tetapi kita juga harus kejar supaya Apple punya pabrik di Indonesia atau minimal punya toko dalam negeri,” ujar Huda kepada Bisnis, Senin (25/3/2024).

Menurut Huda, selain mempermudah investasi, kehadiran pabrik Apple juga bisa mendorong roda perekonomian dalam negeri untuk bergerak lebih cepat. 

Oleh karena itu, Huda berpendapat, pemerintah tidak perlu memaksakan Apple untuk membangun pabrik ponsel secara utuh. Namun, menurut Huda, Indonesia dapat membangun salah satu komponen ponsel Apple.

“Kalau bangun pabrik secara utuh mungkin susah, namun mudah-mudahan bisa bangun pabrik salah satu komponen device Apple,” ujar Huda. 

Huda mengatakan, hal ini saja bisa membuat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Apple sudah memenuhi syarat. 

Bahkan, lanjut Huda, beberapa merek yang sudah membuat pabrik di Indonesia dapat bersaing dengan pangsa pasar dalam negeri dan memenuhi syarat untuk digunakan oleh pemerintahan. 

Diketahui, sejumlah produsen ponsel besar, seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, Infinix, Tecno, dan Itel sudah membuat pabrik ponsel di Indonesia. Adapun, hanya Apple yang belum memiliki pabrik perakitan di Indonesia. 

Oleh karena itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie mengatakan pihaknya akan bernegosiasi mengenai pabrik ponsel ini saat CEO Apple Tim Cook datang ke Indonesia pada April 2024. 

Adapun Budi mengatakan akan berusaha sebaik mungkin karena pengguna Apple di Indonesia yang memang cukup banyak. Selain itu, kehadiran pabrik ponsel Apple di Tanah Air akan membuat Indonesia lebih dilihat dunia. 

“Kemungkinan-kemungkinan semua ada, kita lihat pendekatannya gimana, karena pengguna Apple di Indonesia kan banyak sekali,” ujar Budi saat dijumpai di Kantor Kemenkominfo, Senin (25/3/2024).

Pada kesempatan tersebut, Budi mengatakan sebenarnya sudah ada investasi yang ditanamkan Apple di Indonesia, yakni dalam pengetahuan dengan membangun Apple Academy di Bali, BSD, dan Batam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper