Pengguna iPhone Baru Mayoritas Beralih ke iOS 17, Hanya 11% Pakai iOS 15

Rahmad Fauzan
Selasa, 6 Februari 2024 | 14:33 WIB
Logo iOS 17/dok. Apple
Logo iOS 17/dok. Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apple baru-baru ini merilis statistik penggunaan sistem operasi iPhone dan iPad. Informasi ini memberikan angka akurat sistem operasi iOS 17 dan iPadOS 17 yang terhubung ke App Store.

Menurut situs developer.apple.com, sebanyak 66% iOS 17 yang terpasang di perangkat iPhone melakukan transaksi di App Store sampai dengan 4 Februari 2024. Lalu, 23% masih menggunakan iOS 16, dan 11% sisanya iOS 15.

Apple juga mengeluarkan statistik mengenai produk iPhone yang diluncurkan dalam 4 tahun terakhir, meliputi iPhone 15, iPhone 14, iPhone 13, iPhone 12, dan iPhone SE Series.

“iOS 17 paling dominan yang digunakan di perangkat-perangkat terbaru iPhone, sebanyak 76%. Di iOS 16 sebanyak 16%, serta iOS 15 dan operasi sistem yang lebih lama 4%,” tulis situs resmi Apple itu seperti dikutip dari Neowin.net, Selasa (6/2/2024).

Sementara itu, para pengguna iPad dilaporkan ragu-ragu untuk memperbarui sistem operasi tablet ke versi iPadOS terbaru.

Hanya 53% perangkat teregistrasi yang mengadopsi iPadOS 17, iPadOS 16 sebanyak 29%, serta 18% masih menggunakan sistem operasi terdahulu.

Belum lama ini, Apple merilis beberapa pembaruan fitur untuk iOS 17 dan iPadOS 17. Versi terbaru, yakni 17.3, hadir beberapa pekan lalu.

Versi tersebut menghadirkan wallpaper anyar kepada pengguna iPhone dan iPad, daftar putar kolaboratif di Apple Music, Perlindungan Perangkat yang Dicuri dengan langkah-langkah keamanan ekstra, dan banyak lagi.

Sementara itu, mengutip Sammobile.com, iPhone dikabarkan juga akan memperkenalkan ponsel lipat. 

“Kendati demikian, kemungkinan produk ini adalah tablet kecil,” tulis Sammobile.com dikutip, Senin (5/2/2024).

Terdapat 2 alasan. Pertama, produksi tablet layar lipat berukuran 7 – 8 inci bisa dikatakan hampir tidak mungkin. Ukuran itu biasanya digunakan untuk ponsel pintar.

Kedua, Apple sudah merencanakan peluncuran iPad mini dengan layar OLED pada 2026.

Dilaporkan LG Display dan Samsung Display menyuplai Apple dengan panel layar lipat dengan ukuran di kisaran 6 – 7 inci tahun lalu.

Mempertimbangkan informasi tersebut, kedua perusahaan kemungkinan telah memasok Apple untuk memproduksi perangkat baru selanjutnya.

Tidak hanya itu, LG dan Samsung dilaporkan mulai memproduksi panel OLED untuk produk model iPad Pro berukuran 11 – 13 inci yang akan datang.

Produktivitas Apple tahun ini tampaknya tidak bisa dilepaskan dari kinerja cukup gemilang tahun lalu. International Data Corporation (IDC) melaporkan penjualan global ponsel pintar Apple, yaitu iPhone, menempati peringkat pertama di China pada 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper