Begini Cara Membuat Saluran WhatsApp (WA) dengan Gampang

Rendi Mahendra
Jumat, 10 November 2023 | 12:22 WIB
Simak Cara Membuat Saluran WhatsApp (WA)
Simak Cara Membuat Saluran WhatsApp (WA)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp (WA) resmi meluncurkan fitur baru bagi pengguna di Indonesia berupa Saluran yang penggunaannya mirip dengan fitur channel di Telegram.

Meskipun di Indonesia baru diluncurkan, namun fitur Saluran WA ini ternyata sudah rilis di Kolombia dan Singapura pada tanggal 8 Juni 2023.

Saluran WhatsApp adalah sebuah fitur yang membawa banyak manfaat memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi terkini secara langsung melalui aplikasi WhatsApp, menambahkan tautan eksternal, memperkenalkan aplikasi, dan bahkan mengukur interaksi dengan pengikut Saluran WhatsApp.

Fitur ini dapat digunakan oleh individu, organisasi, atau pihak resmi lainnya, dan dapat diakses melalui aplikasi WhatsApp dan WhatsApp Business versi terbaru.

Mirip dengan fitur channel di Telegram, Saluran WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menerima berbagai jenis informasi, seperti teks, gambar, video, stiker, dan tautan.

Namun, perbedaannya terletak pada kemampuan pengguna untuk memberikan tanggapan, yang saat ini hanya dapat berupa emoticon.

WhatsApp belum menyediakan fitur komentar untuk memberikan respon langsung terhadap informasi yang diposting di Saluran WhatsApp.

Cara membuat saluran WhatsApp, syarat pertama adalah menjadi pengguna terverifikasi (WA Verified).

Pengguna yang telah terverifikasi akan memiliki tanda centang hijau (verified badge) di sebelah nama mereka. Pengguna yang belum terverifikasi hanya dapat menjadi pengikut Saluran WhatsApp.

Cara Membuat Saluran WhatsApp (WA)

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Saluran WhatsApp bagi pengguna terverifikasi di Android, iOS, dan desktop:

  • Buka WhatsApp dan masuk ke tab "Pembaruan."
  • Ketuk ikon "+" dan pilih "Saluran Baru."
  • Ketuk "Mulai" dan ikuti petunjuk yang disediakan oleh WhatsApp.
  • Tambahkan deskripsi dan ikon untuk saluran baru.
  • Selesaikan dengan menekan "Buat Saluran."

Secara umum, langkah-langkah pembuatan Saluran di WhatsApp serupa di berbagai platform, namun, pengguna yang belum terverifikasi tidak akan melihat ikon "+ (plus)" di tab "Pembaruan."

Pengguna yang baru mengikuti Saluran akan dapat melihat riwayat pembaruan selama 30 hari ke belakang. Setelah itu, pembaruan di Saluran akan otomatis terhapus oleh WhatsApp.

WhatsApp menjelaskan, "Kami hanya akan menyimpan riwayat Saluran di server hingga 30 hari dan kami akan menambahkan cara untuk menghapus pembaruan lebih cepat dari perangkat pengikut."

Selain itu, Saluran WhatsApp juga diharapkan menjadi alat untuk berbagi informasi satu arah secara pribadi kepada pengikut. Sebagai hasilnya, WhatsApp akan memberikan opsi kepada admin Saluran untuk memblokir tangkapan layar yang diambil dari dalam Saluran.

"Admin juga akan memiliki opsi untuk memblokir tangkapan layar dan pesan yang diteruskan dari Saluran mereka," demikian keterangan WhatsApp.

Ilustrasi Fitur Terbaru dari Whatsapp, yaitu Saluran Whatsapp/Dokumentasi Whatsapp
Ilustrasi Fitur Terbaru dari Whatsapp, yaitu Saluran Whatsapp/Dokumentasi Whatsapp

Cara Bergabung di Saluran Whatsapp

  • Klik menu pembaruan WhatsApp.
  • Gulir ke bawah hingga menemukan opsi "Saluran".
  • Pilih dari rekomendasi akun Channel WhatsApp yang tersedia.
  • Atau gunakan opsi "Cari Saluran" untuk menemukan akun saluran berdasarkan kategori.
  • Setelah menemukan saluran yang diinginkan, klik ikon tambah untuk menambahkannya ke daftar saluran Anda.

Dengan fitur Saluran WhatsApp yang baru, pengguna di Indonesia dapat dengan mudah mengakses informasi terkini dan berinteraksi dengan berbagai konten yang tersedia di dalam Saluran WhatsApp mereka ikuti.

Dengan adanya fitur Saluran WhatsApp tentu akan memperkaya pengalaman pengguna dalam berkomunikasi dan berbagi informasi di platform WhatsApp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper