Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Redaksi
Selasa, 31 Oktober 2023 | 18:42 WIB
Pesan WhatsApp
Pesan WhatsApp
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Membuat stiker WhatsApp dengan wajah sendiri atau wajah teman hingga hal random lain sedang menjadi trend saat ini. Pasalnya, dengan adanya stiker tersebut membuat chat di WhatsApp menjadi semakin menyenangkan.

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi sosial media yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. WhatsApp juga selalu menjadi aplikasi utama yang digunakan untuk mengirim pesan. 

WhatsApp memiliki berbagai fitur menarik termasuk fitur stiker yang dapat membuat chat menjadi lebih menyenangkan. 

Sebenarnya WhatsApp menyediakan berbagai stiker menarik yang dapat digunakan untuk penggunanya, namun pengguna terlihat lebih menyukai menggunakan stiker yang dibuat sendiri. 

Hal ini karena stiker yang dibuat sendiri lebih cocok untuk digunakan saat chat dan juga dapat menggunakan wajah sendiri atau wajah teman sehingga terlihat lucu dan unik. 

Pihak WhatsApp pun tidak melarang penggunaan stiker hasil kreasi dari penggunanya. Melalui laman website resminya, WhatsApp membagi saran dan syarat yang harus diikuti pengguna agar stikernya dapat digunakan di WhatsApp. 

Beberapa syarat yang ditetapkan seperti, setiap stiker memiliki latar belakang transparan, harus berukuran tepat 512x512 piksel, dan stiker harus berukuran kurang dari 100 KB.

Selain itu, WhatsApp juga menyarankan untuk menambahkan garis #FFFFFF berukuran 8 piksel di bagian luar setiap stiker dan harus ada margin berukuran 16 piksel antara gambar stiker dan tepi kanvas yang berukuran 512x512 piksel.

Setelah memahami saran dan syarat yang ditetapkan oleh WhatsApp, kamu bisa mulai membuat stiker WhatsApp sendiri dengan mengikuti cara berikut ini: 

Cara Menggunakan Stiker WhatsApp

Stiker AI di WhatsApp dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI), berdasarkan teks yang dimasukkan, menggunakan layanan dari Meta. Setelah terkirim, stiker AI Anda akan muncul secara otomatis di baki stiker dan dapat dibagikan kapan saja. 

Namun, saat ini hanya deskripsi stiker dalam bahasa Inggris yang didukung dan juga fitur ini hanya tersedia di negara tertentu. 

1. Buka WhatsApp dan buka salah satu obrolan.

2. Setelah itu tab pada logo emoticon lalu pilih ikon stiker. 

3. Selanjutnya, tab pada pilihan 'Buat Stiker'. 

4. Masukkan deskripsi stiker yang ingin kamu buat. 

Kamu dapat mengedit deskripsi dan mencoba lagi.

5. Ketuk stiker yang telah jadi untuk mengirimkannya.

Cara menggunakan aplikasi Canva saat membuat stiker whatsapp  

1. Terlebih dahulu kamu harus mendownload aplikasi canva atau langsung melalui laman website Canva yaitu Canva.com. 

2. Buka Canva dan cari "Stiker WhatsApp" untuk memulai proyek kamu. 

3. Jelajahi templat untuk mendapatkan inspirasi. Dapatkan inspirasi dari lusinan templat gratis untuk membuat desain stiker khusus kamu sendiri. Jelajahi tata letak siap pakai yang disediakan Canva dan filter pencarian berdasarkan warna, tema, atau gaya.

4. Siapkan foto orang yang disayangi untuk diunggah ataupun foto pribadi kamu. 5.Seret dan lepas ke dasbor dan atur ke dalam tata letak kamu. Kamu dapat memanfaatkan elemen grafis gratis yang disediakan Canva seperti font, warna, ikon, vektor, dan lainnya. 

6. Setelah selesai, unduh dalam resolusi tinggi, PNG transparan, dan stiker kamu siap digunakan. 

Selain dua aplikasi di atas, kamu juga dapat membuat stiker WhatsApp menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya seperti PicsArt, Adobe Spark, Sticker Maker, Custom Sticker Maker, Sticker Studio, Sticker You, Stickery, Sticker Factory, Sticker Maker Pro, dan Sticker Maker Lab. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper