6 Cara Mudah untuk Memperbesar Keyboard di iPhone

Redaksi
Kamis, 9 November 2023 | 20:40 WIB
Pengunjung di acara peluncuran iPhone 15 dan sejumlah produk Apple di kampus Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat pada Selasa (12/9/2023). - Bloomberg/David Paul Morris
Pengunjung di acara peluncuran iPhone 15 dan sejumlah produk Apple di kampus Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat pada Selasa (12/9/2023). - Bloomberg/David Paul Morris
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – iPhone, merek ternama yang dibuat dan dipasarkan oleh Apple Inc., memberikan fitur untuk memperbesar keyboard.  

Seperti dikutip dari popsci, Kamis (9/11/2023), hal ini akan memungkinkan Anda melihat tombol dengan jelas, memberikan pengalaman mengetik yang mengurangi kemungkinan mengetik karakter yang salah. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki jari yang lebih besar maupun gangguan penglihatan.

1. Aktifkan Zoom Tampilan

Salah satu cara termudah untuk memperbesar ukuran teks tidak hanya untuk keyboard Anda tetapi untuk perangkat Anda secara keseluruhan adalah dengan menggunakan fitur zoom tampilan.

Setelah dipilih, itu akan membuat semua ikon aplikasi, ukuran teks, dan tombol keyboard lebih besar dari biasanya dalam mode default. 

Pastikan untuk menyimpan semua pekerjaan Anda, karena ini mengharuskan Anda me-restart perangkat Anda. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.

- Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda.

- Gulir ke bawah dan ketuk Tampilan & Kecerahan.

- Di sini, ketuk Tampilan Zoom.

- Dari opsi, pilih Teks Lebih Besar.

- Ketuk Gunakan yang Diperbesar.

2. Gunakan Perangkat dalam Mode Lanskap

Semua iPhone umumnya memiliki ukuran layar yang bagus. Hal ini meningkat ketika menggunakan iPad. Jadi, untuk menggunakannya, Anda dapat menggunakan perangkat Anda dalam mode lanskap dan memperbesar ukuran keyboard dengan memperluasnya secara horizontal di layar, bukan secara vertikal. Berikut adalah caranya.

-  Gesek ke bawah dari sudut kanan atas layar Anda untuk membuka Pusat Kontrol. Atau, jika perangkat Anda memiliki tombol Beranda, geser ke atas dari bawah.

- Ketuk ikon kunci rotasi layar.

3. Tombol Keyboard Tebal

Selain memperbesar teks, Anda juga dapat menebalkan teks di perangkat Anda. Hal ini akan meningkatkan kualitas teks dalam prosesnya dan membuatnya menonjol. Alhasil, ukuran tombol pada keyboard Anda pun akan semakin besar. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.

- Buka aplikasi Pengaturan.

- Gulir ke bawah dan ketuk Aksesibilitas.

- Lalu, ketuk Tampilan & Ukuran Teks.

- Aktifkan saklar untuk Teks Tebal.

4. Jadikan Tombol Keyboard Menjadi Huruf Besar

Keyboard biasanya menggunakan huruf kecil hingga caps lock diaktifkan. Namun, dengan menggunakan menu pengaturan, Anda dapat mengatur semua tombol keyboard menjadi huruf besar secara permanen. 

Hal ini tidak hanya membuat huruf pada keyboard menjadi lebih besar, tetapi juga membuat setiap tombol menonjol. Inilah cara melakukannya.

- Buka Pengaturan dan ketuk Aksesibilitas.

- Gulir ke bawah dan ketuk Papan Ketik.

- Sekarang, matikan tombol Tampilkan Tombol Huruf Kecil

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika pengaturan keyboard Apple tidak cukup, Anda dapat menginstal dan menggunakan aplikasi keyboard pihak ketiga untuk mendapatkan keyboard hebat ini di iPhone atau iPad Anda. 

Namun, semua aplikasi memiliki jaminan keamanannya masing-masing, jadi pastikan aplikasi tersebut dapat dipercaya sebelum menginstal dan menggunakannya. Anda dapat menggunakan ReBoard Keyboard untuk aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah caranya.

- Unduh aplikasi ReBoard Keyboard dari App Store.

- Kemudian, buka keyboard ReBoard dan tekan lama ikon roda gigi.

- Ketuk ikon +.

6. Pasang Keyboard di iPad

Jika Anda menggunakan keyboard mengambang atau keyboard terpisah, keyboard akan lebih kecil dan sulit digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat meletakkan keyboard di tempat aslinya di iPad Anda. Inilah cara melakukannya.

- Buka keyboard iPad Anda dan tekan lama ikon keyboard.

- ketuk Dok dan Gabungkan.

Hal ini akan menggabungkan papan ketik dan menempelkannya ke bagian bawah layar iPad Anda, sehingga bisa menambah ukuran keyboard. Bahkan, Anda juga dapat menggunakan Apple Pencil untuk membuat catatan di iPad Anda. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper