iPhone 15, Dinanti Negara Berkembang, Bermasalah di Negara Maju

Hesti Puji Lestari
Jumat, 8 September 2023 | 08:54 WIB
iPhone 15 Pro/dok. tangkapan layar Instagram
iPhone 15 Pro/dok. tangkapan layar Instagram
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - iPhone 15 bakal segera dirilis oleh perusahaan Apple pada 12 September 2023. Di negara berkembang seperti Indonesia, kehadiran iPhone 15 cukup dinanti.

Akan tetapi hal berbeda terjadi di beberapa negara maju di dunia. China misalnya, belum lama ini negara tersebut telah memberlakukan aturan ketat kepada PNS mereka.

Dilansir dari Reuters, PNS di China dilarang menggunakan ponsel merek iPhone. Sebenarnya, China sudah membelakukan aturan ini sejak tahun lalu.

Akan tetapi seiring ketegangan Beijing dan Washington yang kian panas, Tiongkok memutuskan untuk memperpanjang aturan tersebut,

Laporan menyebut bahwa setidaknya ada tiga kementerian dan lembaga pemerintah diberitahu untuk tidak menggunakan iPhone di tempat kerja.

Salah satu sumber mengatakan mereka belum diberi batas waktu untuk menghentikan penggunaan iPhone. Dengan aturan ini, maka iPhone 15 akan termasuk menjadi gadget yang dilarang digunakan oleh PNS China.

Imbasnya, saham Apple turun lebih dari 3% pada awal perdagangan sejak Tiongkok mengumumkan larangan penggunaan iPhone di negara tersebut.

Belum jelas sejauh mana larangan tersebut diberlakukan, tapi menurut sumber di salah satu dari tiga kementerian mengatakan dia masih menggunakan iPhone dan belum mendengar tentang pembatasan tersebut.

Sumber lainnya daru badan pengawas Tiongkok, mengatakan bahwa mereka tidak secara eksplisit dilarang namun diberitahu bahwa mereka akan bertanggung jawab jika ada masalah yang muncul terkait penggunaan iPhone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper