iPhone 15 Buka Peluang Apple Geser Samsung di Puncak Klasemen Penjualan Smartphone

Redaksi
Selasa, 5 September 2023 | 17:29 WIB
Tampilan iOS 16 pada perangkat iPhone/Apple
Tampilan iOS 16 pada perangkat iPhone/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apple, perusahaan teknologi dari Amerika Serikat, diprediksi akan menyalip Samsung, sebagai pemimpin pasar smartphone global pada akhir tahun ini. 

TrendForce, perusahaan riset pasar global, menyebut Apple biasanya berkinerja terbaik pada kuartal keempat. Hal ini dikarenakan pada kuartal pertama baru rilis penjualan iPhone. 

Seperti dikutip dari phonearena.com pada Selasa (05/09/2023), TrendForce mengatakan Apple dan Samsung memiliki target produksi yang serupa untuk tahun ini.

“Jika iPhone 15 yang akan datang berhasil lebih baik dari ekspektasi pasar, Apple dapat muncul sebagai penjual ponsel pintar nomor satu dalam hal penjualan, sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya. terjadi sebelumnya,” ungkap TrendForce, pada Selasa (05/09/2023).

Menurut laporan dari perusahaan analitik TrendForce, pasar ponsel pintar masih dalam kondisi mengkhawatirkan. Faktanya, penjualan turun sekitar 6,6 persen menjadi 272 juta unit pada kuartal II/2023 menjadikannya kuartal terburuk dalam satu dekade.

Biasanya, Apple mampu mengatasi badai ini lebih baik dibandingkan pembuat Smartphone Android. Bahkan, perusahaan mengalami penurunan sebesar 21,2 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Meskipun begitu, kuartal ini biasanya merupakan kuartal terlemah untuk perusahaan dalam hal produksinya.

Adanya peningkatan yang diterima Samsung dari seri Galaxy S23 juga menunjukkan tanda-tanda perlambatan. Selain Galaxy Z Fold 5 dan Flip yang baru saja diluncurkan, ini adalah smartphone yang dapat dilipat Namun, kemungkinan besar penjualannya tidak akan sama dengan ponsel biasa.

Berikut Produksi dan Peringkat Pangsa Pasar Smartphone pada Kuartal II/2023, yaitu:

1. Samsung 

Samsung Electronics telah produksi sekitar 53,9 juta unit. Jumlah tersebut mengalami penurunan 12,4 persen pada kuartal II/2023 dibandingkan dengan kuartal I/2023. Sedangkan, untuk pangsa pasar Samsung berada di peringkat pertama sebanyak 19,8 persen.

2. Apple

Apple telah memproduksi sekitar 42 juta unit smartphone. Pada kuartal pertama hingga kuartal kedua jumlah produk tersebut mengalami penurunanan 21,2 persen. Sedangkan, untuk pangsa pasar Apple ada di peringkat kedua dengan 15,4 persen.

3. Xiaomi 

Xiaomi Corporation (Xiaomi) telah memproduksi hingga 35 juta unit hingga kuartal II/2023. Secara kuartalan produksi ponsel Xiaomi mengalami peningkatan sebanyak 32,1 persen. Sedangkan, untuk pangsa pasar Xiaomi ada diperingkat ke tiga sebanyak 12,9 persen.

4. Oppo

Oppo Electronics Corp merupakan perusahaan elektronik konsumen dan komunikasi seluler yang berasal dari China. Smartphone ini dikenal dengan ponsel cerdas, pemutar Blu-ray dan perangkat elektronik lainnya.

Ponsel ini telah memproduksi sekitar 33,6 juta unit. Secara kuartalan jumlah smartphone yang diproduksi Oppo meningkat sebanyak 32,1 persen. Sedangkan, untuk pangsa pasar Oppo ada diperingkat ke empat sebanyak 12,3 persen tidak jauh beda dengan Xiaomi.

5. Transsion

Transsion Holdings adalah prodesen telepon seluler berasal di Shenzhen, Hong Kong. Perusahaan ini menghindari pasar Asia-Pasifik dan Eropa yang sangat kompetitif, merambah benua Afrika yang belum terjamah, dan merancang ponsel yang dikustomisasi berdasarkan karakteristik Afrika.

Ponsel ini telah memproduksi sekitar 25,1 juta unit, atau meningkat 71,9 persen secara kuartalan. Sedangkan, untuk pangsa pasar Transsion ada diperingkat ke lima sebanyak 9,2 persen.

6. Vivo

Vivo Technology C.Ltd. (Vivio) adalah perusahaan elektronika asal Guangdong, Tiongkok.Perusahaan ini memproduksi ponsel pinter, perangkat sandang, dan layanan berbasis digital.

Selain itu, perusahaan ini merupakan anakkan dari BBK Electronics, bersamaan dengan Oppo, Realme dan OnePlus yang dikomandoi oleh Shen Wei.

Ponsel ini telah memproduksi sekitar 23 juta unit ponsel atau tumbuh 15 persen secara kuartalan. Sedangkan, untuk pangsa pasar Vivo berada di peringkat ke enam sebanyak 8,5 persen tidak jauh berbeda dengan Transsion. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper