Harga iPhone 15 Pro Lebih Mahal dari iPhone 15 Disebut Akibat Komponen Baru

Redaksi
Selasa, 5 September 2023 | 13:31 WIB
iPhone 15 Pro/dok. tangkapan layar Instagram
iPhone 15 Pro/dok. tangkapan layar Instagram
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahan Apple akan meluncurkan iPhone 15 Pro tinggal menghitung beberapa hari lagi. Dari sisi harga, tentu iPhone 15 Pro akan lebih mahal dibandingkan iPhone 15, pun kemungkinan dengan iPhone 15 Plus.

Menurut Penelitian DigiTimes Luke Lin mengatakan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus diprediksikan memiliki harga yang sama dengan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada harga iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

“Apple merencanakan kenaikan harga besar-besaran untuk model kelas atas yang didorong oleh komponen baru dan berkurangnya permintaan ponsel pintar secara keseluruhan,” kata Penelitian DigiTimes, Luke Lin, dikutip dari laptopmag pada Selasa (05/09/2023).

Dia tidak menyebutkan berapa angka untuk harga iPhone 15 Pro maupun iPhone 15 Pro Max , yang akan mengalami kenaikan harga besar-besaran tahun ini. Namun dia menjabarkan kenaikkan harga kemungkinan dikarenakan adanya dua masalah yaitu peralihan dari baja tahan karat ke titanium untuk desain sasis dan sistem kamera lensa periskop baru.

Meski ada kenaikan harga, Luke tetap memprediksi model iPhone 15 Pro akan menjadi model smartphone terpopuler pada generasi ini.

Apple sedang mempersiapkan untuk menghadapi lonjakan popularitas iPhone 15 Pro Max dengan berfokus pada peningkatan produksi, yang menyumbang jumlah pesanan rantai pasokan tertinggi hingga saat ini.

Untuk pertama kalinya, Lin mengklaim bahwa Apple telah memesan iPhone 13 diantara 80 hingga 90 juta unit pada beberapa bulan pertama. Bahkan, jumlahnya pernah turun hingga 20 juta iPhone 14 pada tahun lalu. 

Hal ini disebabkan adanya penyesuaian yang dilakukan untuk mengurangi permintaan konsumen terhadap smartphone. Sebagai tanggapannya, perusahaan  berusaha menghasilkan lebih banyak uang dari setiap pembelian sehingga mereka dapat menutupi kekurangan tersebut.

Seperti dikutip dari 9to5mac.com pada Selasa (05/09/2023), Bloomberg berulang kali memberitakan rencana Apple, begitu pula dengan analis di Barclays. Namun, belum diketahui secara pasti seberapa besar kenaikan harga model iPhone 15 Pro tersebut.

Beredar rumor bahwa iPhone 15 Pro akan dibanderol lebih mahal $100 atau setara Rp1,5 juta (kurs: Rp15.257) daripada iPhone 14 Pro menunjukkan harga awal $1.099 atau setara Rp16 juta. 

Sedangkan, untuk iPhone 15 Pro Max bisa mencapai hingga $200 lebih mahal atau setara Rp3 juta daripada iPhone 14 Pro Max dengan harga awal $1.299 atau setara Rp19 juta.

Chief Executive Officer (CEO), Timothy Donald Cook mengatakan telah mengisyaratkan rencana Apple untuk menaikkan harga iPhone 15 Pro selama panggilan pendapatan Apple pada kuartal pertama tahun 2023.

Ia juga menambahkan iPhone berisi kontak dan informasi kesehatan mereka. Informasi perbankan dan rumah pintar mereka serta berbagai bagian kehidupan mereka, sarana pembayaran bagi banyak orang. Selain itu, Apple akan melakukan upaya semaksimal mungkin untuk mendapatkan harga terbaik di katalog. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper