Apple Dirayu untuk Bikin MacBook dan iPad di India

Rahmi Yati
Rabu, 4 Januari 2023 | 07:30 WIB
Repro/Apple.com
Repro/Apple.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah India tampaknya ingin Apple juga memproduksi MacBook dan iPad setelah sebelumnya iPhone 14 di negara tersebut.

Menurut sebuah laporan, Delhi berencana untuk meningkatkan skema insentif terkait produksi (PLI) untuk perangkat keras TI jadi hampir Rs 20.000 crore dibandingkan pengeluaran yang ada sebesar Rs 7.350 crore.

"Laporan TOI mengungkapkan bahwa pemerintah India sangat ingin mendapatkan produksi MacBook dan iPad di negara tersebut," demikian dikutip dari laman gizmochina, Selasa (3/1/2023).

Adapun berdasarkan sumber kementerian TI di India, dilaporkan bahwa pemerintah ingin ekosistem manufaktur Apple tumbuh di negara tersebut.

Pasalnya, negara itu telah merasakan kesuksesan dengan produksi iPhone sebelumnya lantaran semua produsen teratas Apple seperti Foxconn, Wistron dan Pegatron membuat smartphone bernilai miliaran dolar di India.

"Langkah selanjutnya bagi kami adalah mendapatkan produksi MacBook dan produk lain seperti iPad di India,” ujar sumber tersebut kepada TOI.

Lebih lanjut dikatakan bahwa proposal untuk meningkatkan insentif tersebut telah diajukan oleh Kementerian TI, yang bertanggung jawab meningkatkan produksi elektronik di dalam negeri kepada Kementerian Keuangan dan kementerian terkait lainnya.

Sebagai informasi, Apple diperkirakan akan memproduksi lebih banyak perangkat di India pada awal tahun depan.

Sebuah laporan baru-baru ini mengungkapkan bahwa perusahaan sedang dalam pembicaraan dengan sejumlah pemasok untuk meningkatkan produksi AirPods dan Beats di India.

Dengan begitu, Foxconn dan perakit lainnya dapat segera mulai memproduksi alat dengar Apple di negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper