Fitur Crash Detection Apple Malah jadi Bumerang, Kenapa?

Rahmi Yati
Selasa, 27 Desember 2022 | 15:47 WIB
Tampilan iOS 16 pada perangkat iPhone/Apple
Tampilan iOS 16 pada perangkat iPhone/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Fitur Crash Detection atau pendeteksi kecelakaan yang diluncurkan Apple pada seri iPhone dan Watch 8 terbarunya dinilai justru jadi bumerang.

Pasalnya, fitur yang memiliki kemampuan mengirim panggilan otomatis ke layanan darurat saat perangkat berhenti tiba-tiba, biasanya akibat kecelakaan mobil ternyata salah mendeteksi situasi.

"Fitur tersebut sekarang menjadi bumerang, karena ada 71 notifikasi kecelakaan di salah satu kota ski di AS," demikian dilaporkan The Colorado Sun, dikutip dari GSM Arena, Selasa (27/12/2022).

Menurut Summit County 911 Center, tidak satu pun dari panggilan otomatis itu yang darurat. Sebab, pemain ski yang tiba-tiba berhenti di lereng tersebut tidak memerlukan perhatian medis.

Adapun Direktur Interim Pusat Summit County 911 Trina Dummer mengatakan panggilan telepon ini melibatkan sumber daya yang sangat besar, dari operator, deputi, hingga petugas patroli ski.

Akan tetapi, dia menyebut tidak satu pun dari panggilan tersebut yang merupakan peristiwa darurat yang sebenarnya.

"Operator menerjunkan panggilan otomatis ini di bukit dan lereng bersalju, yang berarti mereka dialihkan dari keadaan darurat sebenarnya yang dapat menyelamatkan nyawa seseorang," kata Dummer.

Disebutkan juga bahwa operator dari Grand County, Departemen Kepolisian Vail, dan Pitkin County masing-masing menerima sekitar 20 panggilan otomatis per hari.

Padahal, petugas penyelamat tersebut jarang menolak permintaan bantuan yang masuk karena mereka tidak dapat membedakan mana yang benar-benar darurat dan sebaliknya.

"Apple telah menanggapi pengiriman pengawas, mengungkapkan bahwa pihaknya mengetahui masalah antara pemain ski dan teknologi pendeteksi kecelakaan, dan tim di Cupertino sedang mengerjakan perbaikan," ujar Sheriff Grand County Brett Schroetlin.

Untuk diketahui, fitur deteksi kecelakaan dan "deteksi jatuh" pada seri iPhone 14 secara otomatis akan memanggil 911.

Pusat darurat yang menerima notifikasi, kemudian akan menelepon kembali sumber panggilan. Jika penelepon tidak mengangkat, secara teori, mereka telah terlibat dalam kecelakaan yang berarti kendaraan darurat yang butuh pengiriman tim penolong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper