XL Axiata Siapkan Kapasitas Jaringan 2 Kali Lipat saat Nataru

Rahmi Yati
Rabu, 21 Desember 2022 | 01:08 WIB
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) akan menyiapkan kapasitas jaringan dua kali lipat guna mengantisipasi lonjakan trafik data saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan berdasarkan lonjakan trafik di tahun-tahun sebelumnya, pihaknya memprediksi akan terjadi peningkatan trafik 2-3 kali lipat dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi normal hari biasa, dan naik sekitar 25 persen dibandingkan trafik Nataru tahun lalu.

“Untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik, XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2 kali lipat lebih besar dari hari normal," ujarnya, Selasa (20/12/2022).

Gede menyebut, tim XL Axiata juga telah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik, termasuk destinasi wisata, pusat keramaian, serta area pemukiman.

Pihaknya, sambung dia, juga sudah menyiapkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area.

"Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan penurunan kualitas layanan kepada pelanggan," tegasnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, area atau lokasi yang juga akan mengalami kenaikan trafik tinggi diperkirakan akan terjadi juga di beberapa kawasan yang jadi jalur pergerakan pemudik baik via jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatra maupun jalur non-tol Pantura hingga Pansela.

Untuk itu, dia mengatakan XL Axiata telah menyiapkan sebanyak 65 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah Jawa Barat, Sumatra, dan Bali.

"Titik-titik lokasi yang dimaksud antara lain meliputi jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara," tutur Gede.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper