Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspada! Adware Bisa Curi Data Pribadi Lewat Smartphone

Adware disebut bisa mencuri data pribadi lewat smartphone saat membuka sebuah link website.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 11 April 2022  |  15:41 WIB
Ilustrasi kejahatan siber. - Reuters/Kacper Pempel
Ilustrasi kejahatan siber. - Reuters/Kacper Pempel

Bisnis.com, JAKARTA - Adware merupakan iklan pop-up yang tiba-tiba muncul di smartphone atau saat membuka sebuah link website. Ternyata bukan saja menganggu aktivitas pencarian atau berselancar, iklan ini juga berpotensi mencuri data-data pribadi.

Dikutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Senin (11/4/2022), Adware atau Advertising supported software merupakan perangkat lunak yang mendistribusikan iklan online secara otomatis dan biasanya berujung pada menginstall aplikasi tanpa izin.

Adapun penyebab utama kemunculan Adware ini adalah karena aktivitas pengguna sendiri. Seperti mengaktifkan aplikasi ilegal atau asal klik iklan di website.

Kemunculan iklan pop-up ternyata membawa banyak hal buruk bagi pengguna smartphone. Selain mengganggu, iklan ini juga berpotensi mencuri data pribadi hingga mengindikasikan ponsel tengah disusupi.

Pop-up yang muncul terus menerus ternyata merupakan salah satu indikasi ponsel terinfeksi Adware. Sebab, Adware adalah salah satu bentuk malware yang memaksa perangkat untuk membuka laman tertentu yang mengarah pada revenue melalui klik untuk iklan.

Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari Adware tersebut. Di antaranya, jangan asal meng-klik iklan atau link di sebuah situs.

Kemudian, selalu ingat untuk menginstall aplikasi hanya melalui Google Play, App Store, atau tempat resmi lainnya dan menghapus aplikasi mencurigakan dari ponsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone iklan adware
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top