Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Review Huawei MatePad T10s, Pilihan Terbaru Tablet 2 Jutaan

MatePad T10s adalah pilihan tepat untuk jadi teman bekerja, belajar, atau menikmati hiburan di rumah.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 14 September 2020  |  10:06 WIB
Huawei MatePad T10s. - Rezha Hadyan
Huawei MatePad T10s. - Rezha Hadyan

Bisnis.com, JAKARTA - Tablet menjadi gawai yang banyak dicari oleh masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Berdasarkan laporan terbaru lembaga riset Canalys, penjualan tablet global melonjak 26,1 persen pada kuartal-II 2020 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kepraktisan serta fiturnya yang tak kalah dengan komputer pribadi (personal computer/PC) maupun laptop membuatnya banyak dicari untuk bekerja, belajar, atau menikmati hiburan dari rumah. Terlebih jika dipadukan dengan aksesoris penunjang seperti papan ketik atau pena digital (stylus pen).

Huawei MatePad T10s mungkin bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda yang sedang mencari tablet di kisaran harga Rp2 jutaan. Dibanderol dengan harga Rp2,599 juta MatePad T10s hadir dengan sejumlah keunggulan untuk menemani aktivitas sehari-hari di tengah pembatasan sosial.

MatePad T10s hadir dengan layar 10,1 inci Full HD. Bingkai layar tersebut tak bisa dibilang tipis, di salah satu sisinya terdapat kamera depan beresolusi 2MP yang bisa Anda gunakan untuk berswafoto atau melakukan panggilan video.

Tablet ini terbilang ringan dan nyaman digenggam untuk sebuah tablet dengan layar 10,1 inci Karena bobotnya tak lebih dari 450 gram dan ketebalannya hanya 7,85 mm. Material logam paduan aluminium (aluminium alloy) membuat tablet ini ringan, namun tetap kokoh dan terlihat ekslusif.

Di bagian belakangnya terdapat kamera beresolusi 5MP yang lazim digunakan oleh kebanyakan tablet. Sementara di bagian sampingnya, disematkan dua pelantang stereo, konektor USB Type-C untuk pengisian daya, dan konektor 3,5 mm. Ada pula, slot microSD untuk penyimpanan tambahan.

Dua pelantang stereo yang ada di MatePad T10s dibuat oleh produsen audio terkemuka Harman/Kardon. Suaranya cukup impresif, Anda tak perlu lagi menyambungkannya ke pelantang eksternal apabila ingin menonton video atau mendengarkan musik di dalam ruangan kecil.

Kemudian untuk kemampuan tugas ganda (multitasking), MatePad T10s disokong oleh chipset Kirin 710A, dan RAM 3GB. Adapun, penyimpanan internalnya sebesar 64GB.

Matepad T10s mampu menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa kendala. Layarnya juga bisa dibagi menjadi dua untuk menampilkan dua aplikasi berbeda. Tablet ini juga dapat digunakan untuk memainkan gim berat seperti Asphalt 9 dan PUBG Mobile tanpa tersendat-sendat dengan setelan grafis tinggi.

Untuk menjalankan tugas-tugasnya, MatePad dibekali baterai berkapasitas 5.100 mAh dan sejumlah sensor, antara lain gravity sensor, accelerometer, dan ambient light sensor. Baterainya mampu bertahan selama 12 jam untuk pemakaian normal dan terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Adapun, untuk fitur-fitur penunjang MatePad T10s terdiri dari eye comfort untuk tampilan yang lebih nyaman di mata, e-book mode yang akan mengubah tampilan layar menjadi hitam putih ketika digunakan untuk membaca tulisan seperti novel, dan screen recorder untuk merekam segala aktivitas di layar.

Sebagai catatan, layar MatePad T10s sudah mengantongi sertifikat perlindungan mata berlapis dari TUV Rheinland.

Terdapat pula fitur kids mode yang dikhususkan untuk anak-anak. Anda hanya perlu mangaktifkan fitur tersebut dan menentukan aplikasi apa yang bisa diakses oleh anak Anda di MatePad T10s.

Absennya Google Mobile Service (GMS)

MatePad T10s sejatinya adalah tablet berbasis Android. Tablet ini hadir dengan tampilan antarmuka pengguna EMUI 10.1 berbasis Android 10. Namun, perlu dicatat tidak ada layanan GMS, atau layanan aplikasi dari Google, termasuk diantaranya Google PlayStore lantaran perseteruan Huawei dengan Amerika Serikat (AS).

Sebagai gantinya, Huawei menghadirkan Huawei Mobile Service (HMS) dengan App Gallery-nya yang menggantikan tugas Google PlayStore. Selain itu, tersedia pula Petal Search untuk mengunduh aplikasi yang ada di Google PlayStore melalui pihak ketiga.

Aplikasi yang tersedia di App Gallery masih terbatas, selain aplikasi besutan Google yang tak tersedia. Beberapa aplikasi populer seperti Whatsapp, Facebook, Netflix, dan Spotify belum tersedia di layanan tersebut. Demikian halnya dengan aplikasi layanan keuangan/perbankan, tercatat tak semua aplikasi internet banking milik bank ternama di Tanah Air tersedia disana.

Tentunya hal tersebut dapat dikatakan sebagai kelemahan terbesar dari MatePad T10s dibandingkan dengan kompetitornya yang hadir dengan layanan GMS. Memang, ada Petal Search yang akan membantu Anda mencari aplikasi yang tak tersedia di App Gallery, tetapi kembali lagi bagaimana keamanannya?

Karena tak bisa ditampik mengunduh aplikasi dari pihak ketiga menggunakan file berekstensi .apk rentan disusupi bermacam malware dan sangat tak disarankan oleh pabrikan. Belum lagi kerepotan yang harus dirasakan ketika harus melakukan pembaruan aplikasi.

Jika absennya GMS tak jadi persoalan dan Anda senang mengutak-atik gawai, MatePad T10s adalah pilihan tepat. Dengan sedikit usaha Anda bisa menjadikannya teman untuk bekerja, belajar, atau menikmati hiburan di rumah.

Namun, jika hal tersebut jadi persoalan Anda bisa melirik Advan Tab Sketsa. Merek lokal ini menghadirkan tablet berlayar 10,1 inci dengan chipset SC9863A, RAM 4GB, dan penyimpanan internal 32GB. Baterainya berkapasitas 6.000 mAh atau sedikit lebih besar dibandingkan dengan MatePad T10s.

Selain itu, Tab Sketsa juga menyediakan dua slot kartu SIM. Tentunya Anda tak perlu bergantung dengan jaringan Wi-Fi lagi untuk melakukan berbagai aktivitas dengan tablet ini.

Tablet ini dibanderol dengan harga Rp2,1 juta. Pembeli akan mendapatkan aksesoris tambahan berupa pena digital dalam paket penjualan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone gadget huawei
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top