Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tiga Startup Indonesia Melaju Ke Kompetisi Global

Tiga startup di bidang penanganan dan penanggulangan wabah corona, berhasil memenangkan kompetisi Startup Weekend Indonesia COVID-19 Online dan berhak maju ke kompetisi dunia.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 27 April 2020  |  14:09 WIB
ilustrasi -  Shutterstock
ilustrasi - Shutterstock

Bisnis.com, JAKARTA – Startup Weekend Indonesia mengumumkan tiga perusahaan rintisan (startup) pemenang yang akan berkompetisi dengan startup dari negara di seluruh dunia terkait solusi akibat dampak dari wabah virus corona atau Covid-19.

Tiga startup itu adalah, pertama, MediKatalog yang merupakan platform marketplace alat-alat medis dan obat-obatan, yang diinisiasi oleh Azhar Rafiq.

Kedua Cook Like A Chef, sebuah platform solusi untuk memasak lengkap dengan resep yang terverifikasi dan jasa pengiriman bahan masakan, yang diiinisiasi oleh Raynald Yudistira.

Ketiga, MentorKU, platform edukasi interaktif penyedia jasa mentoring dan konsultasi karir, yang diinisiasi oleh Jesha Vebrattie.

Faye Alund, CEO & Co-founder Kumpul mengatakan,kompetisi tersebut mempunyai satu fokus utama yaitu mencari solusi menggunakan teknologi dan platform daring dalam mengatasi permasalahan yang terjadi akibat pandemi yang sedang terjadi di seluruh dunia.

Diikuti oleh 1.490 peserta dari 29 provinsi di seluruh Indonesia, Startup Weekend Indonesia COVID-19 Online ini merupakan kompetisi yang terbesar di Asia Pasifik, dan kedua terbesar seluruh dunia. Kompetisi ini dilaksanakan oleh Kumpul yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Kami berharap para startup yang lahir dari Startup Weekend Indonesia COVID-19 Online ini bukan hanya melahirkan ide, tetapi bisa segera dijalankan, sehingga dapat memberikan dampak signifikan dan konkrit terhadap masyarakat," ujarnya lewat rilis resminya, Senin, (27/4/2020).

Sementara itu, pendiri MediKatalog Azhar Rafiq mengungkapkan bahwa sebagai  platform jual beli dan inventori stok otomatis APD Rumah Sakit, MediKatalog berharap  dapat membantu kestabilan stok APD dalam negeri. Hal itu dibutuhkan untuk mendukung tenaga medis untuk menangani pasien Covid-19.

“Kemenangan ini saya kira merupakan bonus dan anugerah di awal bulan suci Ramadhan bagi saya. Sebab awalnya ide ini saya buat untuk menjawab keresahan saya terkait masalah kelangkaan APD berimbas pada senior-senior saya yang sudah menjadi dokter di fasilitas kesehatan mempertaruhkan nyawanya di garis depan,” ujar Azhar.

Aldo Rambie selaku Vertical Lead Facebook Indonesia menambahkan bahwa dia yakin ide-ide yang terlahir di sini dapat berkontribusi positif tidak terbatas pada isu kesehatan namun juga ekonomi, pendidikan, dan dampak sosial lainnya sehingga meningkatkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi kemenkominfo StartUp
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top