Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

YouTube Dominasi Lalu Lintas Data XL Axiata

Layanan video streaming berbasis permintaan (VoD) seperti Netflix, Iflix dan HOOQ, belum berkontribusi terlalu besar terhadap lalu lintas data di XL Axiata. Sementara itu, lalu lintas data terbesar masih didominasi oleh streaming YouTube
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 30 Januari 2020  |  06:07 WIB
Streaming -
Streaming -

Bisnis.com, JAKARTA – Lalu lintas data terbesar di Indonesia masih didominasi oleh streaming YouTube.

Group Head Corporate Communications PT XL Axiata Tbk Tri Wahyuningsih mengakui hal tersebut. Di sisi lain, menurutnya, lalu lintas data yang dihasilkan dari layanan video berbasis permintaan saat ini masih belum optimal.

Secara lebih detail dia mengatakan lalu lintas data untuk layanan video streaming berbasis permintaan (VoD) seperti Netflix, Iflix dan HOOQ, belum berkontribusi terlalu besar terhadap lalu lintas data di perseroan. Meskipun lalu lintas data di sektor terdapat kecenderungan meningkat.

Dia mengatakan bahwa untuk menggenjot lalu lintas data video, perseroan akan  menstimulasi pelanggan untuk  makin meningkatkan konsumsi penggunaan layanan data,  dengan memberikan pengalaman yang lebih baik melalui peningkatan kualitas jaringan secara utuh.

Di samping itu, sambungnya, perseroan juga akan menyediakan berbagai penawaran layanan data yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan termasuk pelanggan millennials dengan biaya yang makin terjangkau.

“Mengeluarkan paket menarik sebagai bundling dengan layanan VoD tentu menjadi salah satu hal yang kami pertimbangkan,” kata Ayu kepada Bisnis, Rabu (29/1/2020)

Sekadar catatan, pada kuartal III/2019, XL  mencatatkan lalu lintas data sebesar 2.386.100 TB, naik 56 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Lebih dari 60 persen lalu lintas layanan data XL didominasi dari layanan streaming video seperti YouTube, Facebook, Instagram dan gim. 

Kecenderungan pemanfaatan video terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Untuk aplikasi pesar instan seperti Whatsapp, Line meningkat sekitar 18persen secara tahunan, mengikuti kemudian akses layanan jaringan sosial (FB, Twitter dan IG ) sekitar 15 persen secara tahunan. Selain itu layanan navigasi Google Map dan belanja online juga turut meningkat

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata video data youtube videostreaming
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top