Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Libur Nataru, Lalu Lintas Data XL Meningkat 14%

PT XL Axiata Tbk. mencatat kenaikan lalu lintas data yang sangat tajam pada liburan Natal dan Tahun Baru 2020, didorong oleh penguatan jaringan XL yang terus digenjot sepanjang tahun lalu
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 04 Januari 2020  |  10:17 WIB
XL Axiata
XL Axiata

Bisnis.com, JAKARTA -  PT XL Axiata Tbk. mencatat kenaikan lalu lintas data yang sangat tajam pada liburan Natal dan Tahun Baru 2020, didorong oleh penguatan jaringan XL yang terus digenjot sepanjang tahun lalu.  

XL Axiata mengklaim bahwa selama Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 performa jaringan perseroan dalam kondisi prima. Pelanggan dapat menggunakan jaringan XL dengan nyaman tanpa gangguan.

Pada waktu yang sama, lalu lintas data meningkat signifikan, mencapai sekitar 14% dibandingkan lalu lintas data pada hari normal. Adapun secara tahunan, lalu lintas data meningkat sebesar 38%.  

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa jenis layanan data yang paling banyak digunakan selama Nataru 2020 adalah Youtube, yang mengalami lonjakan lalu lintas data hingga  80% dibandingkan hari biasa. Diikuti dengan Whatsapp sebesar 30%, Mobile Legend 26% dan Instagram 10%. 

Dia mengatakan bahwa layanan streaming video dan musik menjadi favorit karena tingkat kenyamanan pelanggan dalam menggunakan aplikasi layanan tersebut makin baik. Disebabkan, XL rajin dalam melakukan peningkatan kualitas jaringan data di seluruh Indonesia.

Selama 2019, XL terus menganti kabel tembaga dengan kabel serat optik atau fiberisasi. XL menargetkan pada 2019, memfiberisasi 50% dari jaringan yang dimiliki.

Dia mengatakan bahwa XL fokus dalam menjaga performa jaringan selama liburan Nataru, agar pelanggan dapat dengan nyaman memanfaatkan layanan XL.

“Sesuai prediksi kami area-area di luar Jawa juga cukup berkontribusi dalam kenaikan trafik kali ini. Rata-rata kenaikan trafik di luar Jawa mencapai 15%,” kata Darmayusa dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Jumat (3/1).

Data dari Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) XL Axiata yang berada di kantor pusat XL Axiata juga menunjukkan, kenaikan rata-rata lalu lintas data khusus saat Natal sebesar 9% dibandingkan hari biasa, dengan kenaikan lalu lintas tertinggi sebesar 21%. Sedangkan saat malam Tahun Baru, kenaikan trafik rata-rata sebesar 14% dan dan tertinggi 77%.

Kemudian  Kabupaten Malang, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Banyuwangi, menjadi wilayah dengan peningkan lalu lintas tertinggi selama Nataru 2020. Masing-masing daerah mencatatkan peningkatan sebesar 25 % - 26%.

Saat Natal, 24-25 Desember 2018, trafik di wilayah dengan komunitas Nasrani seperti Medan dan sekitarnya mengalami peningkatan trafik sebesar 10%, Manado 18%, dan Kupang 21%. 

Sementara itu, trafik data di area Jabodetabek yang ditinggalkan banyak warganya selama periode liburan ini mengalami penurunan sekitar 5% dibanding hari normal.

Selama periode libur Natal dan Tahun Baru ini, pelanggan XL Axiata juga aktif menggunakan layanan data selama berlibur di luar negeri, terlihat dari kenaikan trafik roaming sebesar 20% dibandingkan hari biasa.

Area-area lokasi wisata popular yang mengalami lonjakan trafik antara lain Pantai Carita sebesar 200%, GWK Bali 150%, dan Gili Trawangan Lombok sebesar 80%. Di Labuhan Bajo, trafik layanan data juga mengalami kenaikan sebesar 10%, Ciater Jawa Barat 235%, Pantai Indrayanti Yogyakarta 360 serta Jatim Park 2 Malang sebesar 115%.

“Untuk memastikan jaringan benar-benar aman, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.500 BTS yang mencangkup area atau wilayah-wilayah yang kemungkinan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan tahun baru,” tutup Darmayusa

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top