8 Tips Pakai Gadget, Cara Mengurangi Kenaikan Suhu di Smartphone

Redaksi
Selasa, 13 Agustus 2024 | 17:05 WIB
Smartphoe yang panas karena terlalu lama dipakai/ilustrasi
Smartphoe yang panas karena terlalu lama dipakai/ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang pernah memiliki smartphone dengan suhu panas, karena terlalu sering digunakan. Gadget panas seringkali membuat handphone lelet. 

Pada kasus terburuk, suhu tinggi pada gadget dapat berdampak buruk bagi lingkungan sekitarnya. Dengan itu, penting bagi semua orang untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan guna mencegah gadget mengalami kenaikan suhu.

Simak tips mencegah gadget kenaikan suhu:

1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Sinar matahari yang secara langsung menuju gadget akan menyebabkan peningkatan suhu secara cepat dan signifikan. Letakkanlah gadget di tempat dengan suhu yang cenderung stabil.

Jika meninggalkan gadget di mobil, sebaiknya gunakan tempat pelindung untuk gadget atau gunakan lapisan kaca untuk mengurangi intensitas cahaya matahari.

2. Gunakan penyangga untuk memperlancar sirkulasi udara laptop

Jika Anda diharuskan untuk menggunakan laptop dalam waktu lama, menggunakan cooling pad atau laptop stand dapat menjadi pilihan terbaik untuk menjaga sirkulasi udara pada laptop tetap stabil.

Jika kedua hal tersebut terasa mahal, cukup letakkan laptop pada dataran padat – semakin besar jarak antara laptop dan meja, semakin baik sirkulasi udaranya.

3. Hindari menggunakan gadget saat mengisi daya

Menggunakan gadget dalam kondisi ini dapat menimbulkan risiko panas berlebih yang dapat melelehkan komponen internal dalam gadget. Namun, jika diharuskan menggunakan gadget pada saat pengisian daya, lakukanlah di tempat dengan suhu rendah untuk menjaga suhunya stabil dan tidak meningkat.

4. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Terutama aplikasi yang membutuhkan sumber daya lebih seperti aplikasi mengedit video, GPS, atau aplikasi berat lainnya yang dapat menghasilkan panas berlebih pada gadget. Untuk mengurangi suhunya, Anda dapat menggunakan mode hemat daya untuk menjaga suhu gadget sekaligus menjaga baterainya tetap stabil.

5. Matikan fitur yang tidak digunakan

Saat tidak menggunakan fitur tertentu pada gadget, sebaiknya segera matikan fitur tersebut. Bluetooth misalnya, jika Anda tidak menggunakan Bluetooth, mematikannya akan berdampak pada penghematan baterai dan berpotensi mengurangi panas pada gadget.

6. Jaga kebersihan agar ventilasi tidak terhalangi

Debu yang menumpuk merupakan salah satu penyebab utama gadget mengalami kenaikan suhu, yaitu ketika debu tersebut menyumbat ventilasi – tempat pembuangan udara dalam gadget.

Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan gadget secara teratur untuk mencegah terjadinya penyumbatan akibat debu.

7. Beri ruang untuk gadget

Penting untuk diingat, bahwa kipas hanya dapat membuang panas dari gadget jika suhu udara di luar gadget lebih dingin daripada udara di dalamnya. Untuk mengatasinya, berikan ruang lebih di sekitar gadget untuk mendapatkan udara sejuk yang dapat menjaga suhunya tetap stabil.

8. Matikan total

Jika diharuskan untuk menggunakan gadget dalam jangka waktu lama dengan suhu yang sangat tinggi, pastikan untuk mengistirahatkan gadget meski hanya dalam beberapa menit atau beberapa jam. Mengistirahatkannya berarti mematikan gadget secara total. (Yoga Al Kemal)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper