Internet Starlink Masuk RI, Pelaku Industri Satelit Nasional Terancam?

Rio Sandy Pradana
Selasa, 16 April 2024 | 17:20 WIB
Ilustrasi starlink
Ilustrasi starlink
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) menilai pemerintah perlu mengutamakan pelaku industri satelit nasional seiring dengan layanan Starlink milik Elon Musk yang akan masuk RI.

Direktur Utama PSN, Adi Rahman Adiwoso mengatakan pertumbuhan industri satelit nasional terus berkembang dan pasar bergerak secara dinamis seiring dengan rencana masuknya jaringan internet Starlink ke Indonesia.

Dia menjelaskan kemampuan satelit dalam negeri memiliki kapasitas internet secara nasional mendekati 400 Gbps pada akhir tahun ini. Jumlah tersebut sudah cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan jangka menengah.

"Perusahaan Indonesia mampu dan harus menjadi pemain utama dalam memenuhi kebutuhan akses internet nusantara. Apalagi pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap operator domestik melalui Visi Indonesia Digital 2045," ujar Adi dalam keterangannya, Selasa (16/4/2024).

Dia mengatakan dukungan tersebut akan makin mengokohkan operator domestik sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang selalu mengingatkan untuk menghemat keluarnya devisa Indonesia ke luar negeri.

Menurutnya, pPenggunaan internet satelit melalui kapasitas yang dimiliki operator satelit domestik dapat mendukung kedaulatan nasional.

Akan tetapi jika masih ada kekurangan kapasitas, operator satelit asing dapat saja memberikan tambahan, dengan harapan masyarakat bisa mendapatkan kapasitas yang dibutuhkan dengan harga yang wajar.

Namun, perlu dikaji kelaziman lebih lanjut, apakah praktik operator satelit asing yang menjual produk di suatu negara dengan harga lebih murah dibandingkan di negara asalnya sudah sesuai dengan tata cara perdagangan internasional.

"Hingga saat ini tidak pernah ada operator domestik yang meminta adanya proteksi biaya atau tarif layanan yang diberikan kepada masyarakat terhadap operator satelit asing," ujar Adi.

Menyikapi masuknya Starlink sebagai pemain global yang menawarkan internet akses langsung kepada masyarakat Indonesia, PSN mengharapkan operator asing tersebut dapat memenuhi semua peraturan berlaku yang ditetapkan pemerintah.

Dia berpendapat hal ini untuk memastikan terciptanya Equal Level Playing Field yang juga didukung oleh pemerintah baik dari sisi regulasi komunikasi maupun bisnis, perpajakan dan perdagangan internasional.

Adi menambahkan, keunggulan lainnya dari operator lokal adalah kepastian keamanan data konsumen karena sudah memenuhi regulasi pemerintah serta SDM yang terlibat dalam operasionalisasi infrastruktur mayoritas oleh orang Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper