Cara Menjaga Masa Pakai Baterai iPhone Tetap Awet Setelah Update iOS

Crysania Suhartanto
Kamis, 22 Februari 2024 | 21:31 WIB
iPhone 15 dan iPhone 15 Plus terbaru dipamerkan dalam acara Wonderlust di Cupertino, California, AS, 12 September 2023./Reuters
iPhone 15 dan iPhone 15 Plus terbaru dipamerkan dalam acara Wonderlust di Cupertino, California, AS, 12 September 2023./Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pembaharuan sistem operasional iPhone (iOS) memang kerap dinanti oleh para penggunanya, karena biasanya diikuti dengan adanya fitur baru yang inovatif dari Apple.

Namun, yang juga sering terjadi adalah pembaharuan sistem yang berujung pada penurunan daya baterai secara drastis. Mengutip Zdnet, hal ini dikarenakan pembaruan iOS kerap disertai dengan bug baterai ataupun sistem lainnya.

Oleh karena itu, dikutip dari berbagai sumber, ini hal yang harus dilakukan untuk menjaga daya baterai iPhone setelah update iOS.

1. Bersabarlah

Sebenarnya, adanya penurunan masa pakai baterai setelah pembaruan iOS merupakan hal yang wajar. Hal ini dikarenakan iPhone perlu melakukan sejumlah pembaharuan di backend sistem setelah sistem di-update.

Alhasil, tindakan inipun menghabiskan lebih banyak baterai dibandingkan sebelumnya. Namun, masa pakai baterai akan kembali normal setelah semua pembaharuan terselesaikan. 

Adapun jika daya belum kembali normal, pengguna dapat mengecek kembali apakah ada pembaruan perangkat lagi, karena biasanya pembaharuan tersebut memang dibuat untuk memperbaiki masalah baterai dan sejumlah bug lainnya. 

2. Melakukan Beberapa Penyesuaian untuk Mengurangi Penggunaan Daya

Diketahui, beberapa langkah ini ternyata ampuh untuk mengurangi penggunaan daya ponsel. Mulai dari mengurangi kecerahan layar, mematikan Wi-FI Assist, menyetel ulang pengaturan jaringan, hingga menggunakan mode gelap.

Adapun Wi-Fi Assist merupakan fitur untuk mengganti langsung ke data seluler saat koneksi Wi-Fi melambat. Hal inipun dapat dimatikan dengan cara membuka pengaturan dan mengetuk menu seluler. Selanjutnya, di bagian bawah akan ada tulisan untuk mematikan Wi-Fi Assist atau bantuan Wi-Fi.

3. Perbaharui Aplikasi 

Terkadang, masalah dari borosnya daya baterai bukan disebabkan oleh pembaharuan iOS, melainkan belum dilakukannya pembaharuan aplikasi yang sesuai dengan iOS baru. Alhasil, solusi untuk masalah ini adalah memperbaharui seluruh aplikasi yang ada. 

Adapun untuk mengetahui jenis aplikasi yang belum update adalah dengan membuka aplikasi App Store, kemudian mengetuk ikon profil di sudut. Lalu dapat scroll ke bagian bawah menuju menu “Pembaruan yang Tersedia”.

4. Cari Tahu Hal yang Menghabiskan Daya Baterai

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak membantu, bisa jadi ada aplikasi jahat yang masuk ke perangkat sehingga menguras baterai. Menariknya, Apple sudah memiliki fitur untuk mendeteksi hal ini.

Pengguna dapat membuka aplikasi pengaturan, kemudian ketuk menu “baterai”. Selanjutnya, akan muncul banyak data, termasuk aplikasi yang menggunakan daya paling banyak. Adapun nantinya jumlah penggunaan daya akan muncul dalam bentuk persentase. Adapun durasi aktifnya aplikasi di belakang layar juga dapat terdeteksi dari fitur ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper