Startup Edutech Guncang, Kuncie Telkomsel Ikut Goyang?

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 12 Januari 2024 | 16:33 WIB
Pemateri Kuncie sedang memberikan penjelasan kepada peserta. Di tengah iklim industri edutech yang makin menantang, di 2023 Kuncie mampu catatkan pertumbuhan nilai transaksi hingga 3,5 kali lipat dan peningkatan pendapatan perusahaan hampir 2 kali lipat YoY./dok. Kuncie
Pemateri Kuncie sedang memberikan penjelasan kepada peserta. Di tengah iklim industri edutech yang makin menantang, di 2023 Kuncie mampu catatkan pertumbuhan nilai transaksi hingga 3,5 kali lipat dan peningkatan pendapatan perusahaan hampir 2 kali lipat YoY./dok. Kuncie
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kuncie, penyedia solusi pendidikan Tanah Air, berhasil mencatatkan kinerja positif selama 2023 di tengah kondisi industri startup edukasi yang makin menantang pada 2024.

Nilai transaksi platform pendidikan di bawah naungan Telkomsel itu meningkat 3,5 kali lipat secara tahunan pada 2023. 

Diketahui, industri edutech sedang bergejolak salah satunya dengan tutupnya startup legendaris Zenius setelah 20 tahun beroperasi. Di tengah kondisi tersebut, Kuncie Telkomsel cukup tangguh dengan membukukan pendapatan hingga 2 kali lipat pada 2023 dibandingkan dengan 2022. 

CEO Kuncie Hendra Saputra mengatakan keberhasilan Kuncie untuk bertumbuh di tengah kondisi industri yang menantang ini menunjukkan bahwa Kuncie berhasil menghadirkan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat terutama bagi kalangan profesional. 

“Bagi kami, pencapaian ini bukan hanya mencerminkan pertumbuhan finansial yang solid, tetapi juga sebagai validasi terhadap value yang dihadirkan oleh Kuncie sebagai platform yang meningkatkan kompetensi dan kapasitas para penggunanya,” kata Hendra, dikutip Jumat (12/1/2024). 

Hendra mengatakan pertumbuhan bisnis Kuncie pada 2023 disumbang oleh kinerja positif di segmen pelanggan korporasi melalui program Corporate Training Solutions, beragam pembelian modul video belajar, dan rangkaian kelas belajar self-paced yang dipersonalisasi. 

Sementara itu, program yang dikhususkan untuk individu juga mencatatkan kinerja positif bagi perusahaan, seperti program Kuncie Executive yang merupakan hasil kolaborasi bersama institusi pendidikan ternama seperti SBM ITB (School of Business Management Institut Teknologi Bandung) dan UGM (Universitas Gadjah Mada). 

Adapun pada program Corporate Training Solution, Kuncie telah dipercaya oleh berbagai perusahaan multi industri, dengan layanan utama program ini seperti platform management system, yaitu program terbaru Kuncie bagi perusahaan untuk memiliki akses pengelolaan proses dan progress pelatihan karyawan dengan efektif. 

“Program eksklusif ini dapat dipersonalisasi dengan memilih dan menggabungkan program yang dimiliki Kuncie ke dalam kurikulum yang dirancang ulang secara khusus,” kata Hendra. 

Sebagai platform edutech yang hadir sejak 2021, Kuncie telah memiliki ribuan pengguna profesional. Kuncie, kata Hendra, berkomitmen untuk terus berinovasi dalam layanan demi mencapai misi mencetak lebih banyak profesional unggul dan berkompeten di Indonesia. 

Hendra menjelaskan pada 2024 ini, Kuncie akan fokus mengintegrasikan layanannya dengan aset komersial Telkomsel, seperti layanan Halo+, Ilmupedia, dan Indihome. Integrasi aset Telkomsel tersebut akan mendorong pengembangan inovasi yang berkontribusi terhadap pertumbuhan bisnis Kuncie ke depan. 

Ke depan, Kuncie juga akan menghadirkan lebih banyak kelas Kuncie Executive yang bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan ternama di Indonesia seiring dengan kesuksesan program ini pada tahun lalu. 

“Meskipun industri edutech dinilai akan menghadapi tantangan yang semakin kompleks ke depannya, namun kami yakin bahwa edutech masih memiliki prospek cerah, utamanya yang menyasar segmen kalangan profesional,” tutup Hendra. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper