Kemenkominfo Rilis Visi Indonesia Digital 2045, Pondasi Adopsi Teknologi RI

Crysania Suhartanto
Kamis, 14 Desember 2023 | 00:48 WIB
Peluncuran Visi Indonesia Digital 2045
Peluncuran Visi Indonesia Digital 2045
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan Visi Indonesia Digital (VID) 2045. Salah satunya sebagai  pondasi dalam mengadopsi teknologi serta melakukan akselerasi penerapan digital. 

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie mengatakan target ini dilakukan untuk memanfaatkan potensi yang belum dieksplorasi dan akselerasi pemanfaatan digital, agar Indonesia bisa menjadi negara maju pada 2045.

“Visi Indonesia Digital 2045 menawarkan alternatif, guna memperkaya berbagai upaya dan strategi yang sudah ada, dengan meneliti pengalaman teknologi digital secara produktif dan terarah,” ujar Budi pada paparannya di acara peluncuran Visi Indonesia Digital 2045, Rabu (13/12/2023).

Budi menuturkan, VID 2045 disusun dengan memperhatikan prioritas pembangunan pada berbagai dokumen strategis bidang digital, terutama Rencana Induk Industri Digital 2045 yang diterbitkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Adapun Budi mengatakan VID 2045 ini dapat menjadi acuan bagi seluruh pembangun kepentingan dalam membuat atau mengimplementasikan berbagai kebijakan transformasi digital Indonesia.

“Dokumen strategis yang disusun dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan merefleksikan semangat kolaboratif kita dalam mewujudkan transformasi digital Indonesia yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan,” ujar Budi. 

Sebagai informasi, VID 2045 ini akan memuat tiga perspektif utama, yakni ekosistem, kewilayahan, dan sektoral.

Menurut Budi, perspektif ekosistem berfokus untuk mengembangkan kerangka strategi untuk pembangunan digital. Kemudian, perspektif kewilayahan memandang bahwa masing-masing daerah dapat menetapkan prioritas pembangunan digital masing-masing.

“Dengan mempertimbangkan keunikan, potensi, dan hambatan di setiap wilayah,” ujar Budi. 

Sementara, ujar Budi, perspektif sektoral menentukan arah pembangunan digital serta sektor yang perlu diprioritaskan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Adapun penentuan sektor prioritas tersebut didasarkan pada tingkat maturitas digital dan potensi kontribusi sektor terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Lebih lanjut, Wakil Menteri Kemenkominfo (Wamenkominfo) Nezar Patria mengatakan VID 2045 ini akan menjadi pondasi untuk mengadopsi teknologi serta melakukan akselerasi penerapan digital. 

Namun, Nezar mengaku VID 2045 ini akan menjadi living document yang dapat terus diperbaharui dan diperkaya. “Dan kita integrasikan dengan perkembangan-perkembangan yang terbaru nantinya,” ujar Nezar. 

Nezar menegaskan arah Kemenkominfo dalam VID 2045 ini ingin merebut kesempatan Indonesia menjadi satu dari lima negara dengan ekonomi paling kuat di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper