6 Planet Alien Ini Sudah Hidup Selama 4 Miliar Tahun

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 30 November 2023 | 15:58 WIB
Urutan planet dalam tata surya
Urutan planet dalam tata surya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para astronom menemukan sistem bintang yang luar biasa dengan enam planet alien yang berbeda dari planet mana pun di tata surya kita.

Menurut penelitian baru, keenam planet mengorbit bintang yang sama dalam resonansi satu sama lain, mengikuti ritme yang tak tergoyahkan yang telah berlangsung selama miliaran tahun.

Karena resonansi aneh ini, planet terluar dalam sistem menyelesaikan satu orbit penuh bintangnya dalam waktu yang sama dengan waktu yang dibutuhkan planet terdalam untuk menyelesaikan enam orbit.

Empat planet lainnya mengikuti pola ritme serupa, bergerak dalam apa yang para peneliti sebut sebagai “waltz” kosmik.

Rincian tentang sistem aneh yang diberi nama HD 110067 ini diterbitkan pada 29 November di jurnal Nature.

“Sistem HD 110067 luar biasa karena beberapa alasan,” rekan penulis studi Hugh Osborn, seorang ilmuwan di Universitas Bern, dilansir dari Livescience.

“Yang pertama adalah bahwa keenam planet tersebut memiliki orbit yang selaras satu sama lain dalam apa yang disebut resonansi, yang jarang terjadi. Yang kedua adalah bahwa bintang tersebut sangat terang. Ini adalah bintang paling terang yang pernah ditemukan dan menampung lebih dari empat planet yang sedang transit. planet."

Enam planet ekstrasurya, atau exoplanet, mengorbit bintang kuning terang yang terletak sekitar 100 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Coma Berenices. Dunia-dunia yang jauh ini memiliki lebar antara Bumi dan raksasa es Neptunus, menjadikannya Neptunus mini atau "sub-Neptunus".

Meskipun sub-Neptunus adalah planet paling umum di Bima Sakti, dunia sebesar ini tidak ada di tata surya. Oleh karena itu, sistem HD 110067 dapat membantu para astronom mempelajari bagaimana planet ekstrasurya seperti ini berevolusi dan mengapa tata surya tidak memiliki sub-Neptunus.

Fakta bahwa keenam planet tersebut masih terhubung secara ritmis memberi tahu para ilmuwan banyak hal tentang kehidupan damai yang mereka nikmati sejauh ini. Hal ini karena ketika awan gas dan debu yang runtuh di sekitar bintang bayi menciptakan planet, dunia proto ini sering kali beresonansi, namun peristiwa kekerasan menghapus ritme ini.

“Kita tahu bahwa resonansi ini terbentuk ketika planet-planet sedang terbentuk, jadi ini berarti bahwa planet-planet pasti tidak berubah  tanpa pergeseran orbit, tabrakan, atau kehilangan massa selama miliaran tahun,” jelas Osborn.

Tim tersebut mulai menyelidiki sistem ini secara mendetail pada tahun 2020, ketika pengamatan yang dilakukan dengan Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA menunjukkan penurunan cahaya pada bintang HD 110067 yang mengindikasikan adanya planet yang belum ditemukan sedang melintasi atau "transit" wajahnya, menghalangi sebagian cahayanya seperti yang terlihat dari Bumi.

Setelah pengamatan ini, TESS mendeteksi beberapa penurunan lagi, yang mendorong tim untuk melihat lebih dekat dengan Characterizing Exoplanet Satellite (CHEOPS), yang mengungkapkan bahwa sinyal tersebut berasal dari enam planet, semuanya transit di permukaan bintangnya  —  sebuah susunan yang jarang terjadi.

“Dengan data yang kami peroleh dari TESS dan CHEOPS saja, orbit tiga planet terluar tidak diketahui,” kata Osborn. “Tetapi karena kami melihat mereka berada dalam rantai resonansi, hal ini memungkinkan kami memprediksi orbitnya dengan sempurna, dan pengamatan selanjutnya mengungkapkan bahwa prediksi kami benar. Itulah pertama kalinya resonansi ini berperan penting dalam penemuan planet baru.”

Resonansi berarti dunia terdekat dengan bintang   menyelesaikan orbitnya dalam 9,1 hari Bumi, planet berikutnya yang mengorbit dalam 13,6 hari, planet ketiga dalam 20,5 hari, planet keempat dalam 30,8 hari, planet kelima dalam 41 hari, dan planet terluar dalam 54,7 hari hari. Jadi, untuk setiap orbit bintang terluar, bintang dalam menyelesaikan enam orbit — resonansi 6:1. Resonansi lain antara pasangan planet berbeda dalam sistem adalah 3:2, 3:2, 3:2, 4:3, dan 4:3.

Selain resonansi ini, planet-planet HD 110067 juga menarik, kata penulis utama studi Rafael Luque, seorang astronom di Universitas Chicago, pada konferensi pers Selasa (28 November).

Dia mengatakan planet-planet itu berukuran dua hingga tiga kali diameter Bumi. Meskipun tim tidak sepenuhnya yakin dengan komposisi planet-planet tersebut, mereka tampaknya terbuat dari es atau batu, dengan kepadatan rendah yang menunjukkan adanya hidrogen dan helium di atmosfer. Bahkan mungkin ada lebih banyak planet yang mengorbit HD 110067.

Karena semua planet lewat di depan bintangnya dan bintang ini sangat terang, dunia-dunia ini termasuk planet ekstrasurya yang paling mudah untuk dikarakterisasi. Sistem semacam ini “bernilai emas,” kata Osborn, dan dia yakin bahwa Teleskop Luar Angkasa James Webb akan segera dapat mengamati atmosfer planet mereka, berpotensi mendeteksi molekul seperti metana, yang dapat mengindikasikan lautan di bawahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper