AMD Perkenalkan AMD Radeon RX 7900M, Menempel di Laptop Gaming Alienware M18

Redaksi
Sabtu, 21 Oktober 2023 | 11:22 WIB
Prosesor grafis AMD Radeon/dok. AMD
Prosesor grafis AMD Radeon/dok. AMD
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Advanced Micro devices, Inc. (AMD), perusahaan semikonduktor multinasional Amerika Serikat, memperkenalkan prosesor grafis laptop andalan AMD Radeon RX 7900M.

GPU Laptop pertama berdasarkan desain chipset yang akan debut secara eksklusif di laptop gaming Alienware m18 dan akan tersedia bersama dengan laptop AMD Rysen 7000 sebagai desain AMD Advantage.

Kepala Arsitek Gaming Solutions and Marketing di AMD Frank Azor mengatakan Alienware m18 adalah laptop AMD Advantage yang canggih dan bertenaga, dirancang untuk memberikan kinerja tingkat desktop tanpa kompromi untuk aplikasi gaming dan pembuatan konten.

“Kami bekerja sama dengan Alienware dalam pengembangan sistem untuk menawarkan pengalaman seluler terbaik, dan kami pikir pelanggan akan sangat senang dengan apa yang dapat dilakukan sistem ini,” kata Azor, dikutip dari amd, Sabtu (21/10/2023).

Hal ini diumumkan langsung oleh Alienware bahwa anggota terbaru dari keluarga laptop Alienware m18 yang menampilkan GPU AMD Radeon baru didukung oleh prosesor AMD Ryzen 9 7945HX dan GPU AMD Radeon RX 7900M serta memanfaatkan teknologi pintar AMD 3 yang canggih.

Dilansir dari amd, Sabtu (21/10/2023),dibangun dengan arsitektur AMD RDNA 3 yang inovatif, GPU performa tinggi baru ini menghadirkan performa gaming dan pembuatan konten yang luar biasa ke sistem seluler, memberikan performa rata-rata 7% lebih tinggi dibandingkan penawaran kompetitif pada game tertentu pada resolusi QHD.

Perlu diketahui, Alienware m18 adalah laptop AMD Advantage terbaik dengan menawarkan kinerja yang menakjubkan untuk mendukung game dan aplikasi pembuatan konten yang paling menuntut. 

Pemimpin Produk Alienware Matt McGowan menjelaskan Alienware m18 menghadirkan solusi game seluler terbaik dengan kinerja tingkat desktop dengan layar 18 inci yang luas.

“Performa raksasa ini akan membawa Anda ke dalam permainan pilihan Anda dengan penuh gaya, dan dengan pengalaman penuh,” ujar Matt, dikutip dari amd, Sabtu (21/10/2023).

Seperti dilansir dari tomshardware, AMD memposisikan RX 7900M sebagai GPU laptop untuk bermain game cepat pada 1440p, dan menyarankan ini sebagai alternatif dari GPU Laptop Nvidia GeForce RTX 4080. 

Berdasarkan pilihan gamenya, AMD mengklaim 7900M 7% lebih cepat daripada RTX 4080, dan AMD mengklaim GPU-nya menjadi lebih cepat jika Anda memperhitungkan AMD Hypr-RX dan FSR 3.

Tentunya, GPU akan menggunakan banyak daya, dengan AMD mengklaim TGP dapat mencapai 180W. Dalam materinya, Alienware menyarankan kartu grafis dapat berkisar dari 160W hingga 200W dengan SmartShift Max. 

Laptop bersertifikasi AMD Advantage dirancang dan diuji untuk menghadirkan platform terbaik bagi para gamer dan kreator, menawarkan pengalaman tercanggih dengan tingkat kinerja dan daya tanggap baru.

Selain itu, Alienware menggabungkan GPU AMD Radeon terbaru dan prosesor AMD Ryzen dengan teknologi pintar AMD, fitur aplikasi AMD Software: Adrenaline Edition, dan karakteristik desain sistem canggih lainnya yang menghadirkan pengalaman komputasi premium.

GPU AMD Radeon RX 7900M yang baru ini, laptop Alienware m18 dilengkapi oleh prosesor AMD Ryzen 9 7945HX dengan 16 core dan 32 thread untuk performa gaming, produktivitas, dan kreativitas yang luar biasa dengan efisiensi terdepan dari arsitektur AMD yaitu Zen 4. 

Sistem ini juga memadukan memori berkinerja tinggi, teknologi pendingin laptop terkini, dan masih banyak lagi untuk mendorong batas-batas gaming dan produktivitas. 

Bahkan, menawarkan pilihan panel layar QHD+ dan FHD+ 18 inci berkualitas tinggi yang menampilkan waktu respons 3ms, rasio kontras 1000:1, kecerahan 300 nits, dan kecepatan refresh hingga 480Hz.

Opsi konfigurasi lainnya akan mencakup peningkatan RAM hingga 64GB, penyimpanan antara 2TB dan 8,5TB, dan keyboard Alienware atau CherryMX standar.

Radeon 7900M memiliki 72 unit komputasi AMD RDNA 3 dan VRAM GDDR6 16 GB, akselerator ray tracing generasi kedua, dan dua akselerator AI khusus per CU. Ini juga mendukung pengkodean dan dekode AV1.

Dukungan enkode AV1 diaktifkan di OBS untuk streamer. Mesin media menggunakan pembelajaran mesin dari Xilinx untuk membuat teks berkualitas tinggi dalam resolusi lebih rendah atau aliran bitrate rendah. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper