Cara Berbagi File di Laptop, Sangat Ringkas dan Mudah

Redaksi
Jumat, 13 Oktober 2023 | 16:00 WIB
Ilustrasi pekerja di depan komputer/Dok. unsplash
Ilustrasi pekerja di depan komputer/Dok. unsplash
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kebutuhan untuk memindahkan file antar laptop makin meningkat di era digital saat ini. Menemukan metode yang efisien untuk mentransfer data adalah penting, baik Anda sedang mengerjakan proyek atau masih duduk di bangku kuliah.  Ada banyak cara untuk mempermudah berbagi file antar dua laptop.

Saat membeli laptop baru, Anda mungkin ingin mentransfer sebagian besar file Anda saat ini dari laptop lama Anda. Bagi Anda ingin memindahkan semua data atau hanya data penting saja, ada cara cepat dan mudah untuk mentransfer file dari satu laptop ke laptop lainnya. 

Tentunya tergantung pada laptop dan ukuran file yang Anda tangani, beberapa metode akan bekerja lebih baik daripada yang lain. 

Secara umum, menggunakan koneksi fisik yang kuat seperti mengganti hard drive atau mentransfer melalui LAN lebih cepat dibandingkan menggunakan metode langsung, seperti mentransfer file melalui Wi-Fi atau menggunakan drive USB.

Cara Mentransfer File Antara Dua Laptop 

Kesulitan mentransfer data antar laptop? Berikut beberapa petunjuk cepat dan mudah tentang cara melakukan ini menggunakan perangkat keras atau perangkat lunak.

1. Hubungkan HDD atau SSD Secara Manual

Kabel SATA standar digunakan untuk menyambungkan hard disk drive (HDD) dan beberapa solid state drive (SSD) ke motherboard. Hubungkan hard drive lama Anda ke port SATA atau eSATA (SATA eksternal) cadangan jika ada. Ini akan dikenali oleh sistem operasi sebagai disk baru. Kemudian mulai transfer. Ini adalah opsi tercepat yang tersedia.  

Menemukan port SATA tambahan lebih sulit di laptop, tidak seperti PC. Untuk mengekstrak data dari hard drive, Anda dapat menggunakan metode alternatif seperti enclosure eksternal atau stasiun dok USB. Apapun cara yang Anda pilih, mempelajari cara memindahkan file dari satu laptop ke laptop lainnya sangatlah mudah.

Hard drive sebelumnya juga bisa digunakan sebagai penyimpanan eksternal. Anda dapat menyalin semua data dari drive lama dengan membeli casing eksternal, lalu menggunakan drive lama sebagai penyimpanan eksternal. 

2. Memanfaatkan Perangkat Penyimpanan Eksternal

Hal ini adalah cara kebanyakan orang melakukannya. Masukkan flash drive ke laptop asli yang berisi data yang ingin Anda salin, salin data tersebut ke USB flash drive dan masukkan ke laptop yang ingin Anda salin lalu tempel. 

Jika Anda memiliki lebih banyak data daripada yang dapat ditampung oleh drive USB, Anda juga dapat menggunakan hard drive eksternal. Jika kedua laptop memiliki koneksi USB 3.0, Anda mungkin ingin membeli drive USB cepat. Kecepatan menjadi penting ketika Anda perlu memindahkan banyak data. Namun, ada cara yang lebih cepat untuk mencapai hal ini.

Pertama, tentukan apakah laptop tujuan transfer data memiliki slot SATA atau konektor eSATA yang tersedia. Jika sudah, lepas harddisk dari laptop pertama dan sambungkan ke laptop kedua. Setelah selesai, maka akan muncul di laptop target sebagai drive lain. Kemudian, menggunakan SATA, yang jauh lebih cepat dari USB, mentransfer data yang diinginkan.

3. Gunakan Kabel Transfer

Anda memerlukan kabel jembatan USB atau kabel jaringan USB untuk mentransfer dari satu laptop ke laptop lainnya. Hal ini karena operasi salin dan tempel terjadi secara bersamaan antar sistem yang terhubung, yang lebih cepat dibandingkan menggunakan disk. Anda pada dasarnya memindahkan data antara tiga drive saat menggunakan drive eksternal, tetapi kabel hanya mengizinkan dua drive.

4. Mentransfer File Melalui LAN atau Nirkabel

Ada dua metode utama untuk berbagi file dan folder antar laptop dalam jarak dekat. Untuk menelusuri hard drive laptop terdekat lainnya, Anda harus menyiapkan jaringan area lokal (LAN) terlebih dahulu. Opsi kedua adalah mentransfer file menggunakan software melalui jaringan WiFi yang stabil. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper