Elon Musk Ingin Starship Mengorbit Sebelum Natal Meski Belum Punya Izin

Rahmad Fauzan
Selasa, 21 November 2023 | 17:15 WIB
Ilustrasi Starship SpaceX/dok.SpaceX
Ilustrasi Starship SpaceX/dok.SpaceX
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pesawat ruang angkasa SpaceX tampaknya bakal kembali lepas landas dalam waktu dekat. Pendiri dan CEO SpaceX Elon Musk menyebut peluncuran Starship ketiga dilakukan dalam 3 – 4 pekan ke depan menjelang Natal.

“[Starship ketiga] harus siap diluncurkan dalam 3 – 4 pekan ke depan,” tulis Musk dalam akun X resminya (dulu Twitter) belum lama ini, dikutip Bisnis.com, Selasa (21/11/2023).

Namun, rencana peluncuran tersebut masih dikelilingi tanda tanya karena sampai dengan saat ini Space X belum mendapatkan izin dari Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat (AS).

Sebab, FAA masih melakukan pengawasan atas investigasi terhadap beberapa eror yang terjadi pada saat peluncuran uji coba kedua Starship pada 18 November 2023.

Dalam misi tersebut, Musk awalnya bertujuan menerbangkan Starship untuk perjalanan mengelilingi bumi dan mendarat di Samudera Pasifik (sekitar Hawai) 90 menit setelah peluncuran.

Namun, penerbangan tersebut berakhir sekitar 8 menit kemudian akibat ledakan. Tidak hanya itu, bagian Starship bernama Super Heavy yang dijadwalkan mendarat di Teluk Meksiko sekitar 7 menit setelah lepas landas justru meledak.

Kendati demikian, uji coba kedua tersebut lebih baik dibandingkan dengan yang pertama. Pada uji coba 20 April 2023, Starship tidak berhasil melewati fase pemisahan bagian.

Penerbangan perdana itu berakhir hanya 4 menit setelah peluncuran setelah ada perintah peledakan.

Tidak lama berselang setelah penerbangan 20 April, Musk mengatakan SpaceX siap kembali meluncurkan Starship hanya dalam kurun 6 hingga 8 pekan.

Namun, FAA baru memberikan izin peluncuran pada 15 November 2023, setelah menyelesaikan investigasi atas ledakan di misi sebelumnya, tinjauan keselamatan, serta penilaian atas dampaknya terhadap lingkungan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper