Elon Musk Tawarkan Solusi Damaikan Israel dan Palestina, Begini Katanya

Hesti Puji Lestari
Senin, 20 November 2023 | 12:00 WIB
Elon Musk
Elon Musk
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Sedang heboh dan jadi perbincangan Elon Musk menawarkan solusi untuk mendamaikan Israel dan Palestina.

Meski demikian, orang terkaya di dunia tersebut secara khusus menyoroti hubungan antara Israel dan Hamas.

Menurut Musk, sikap keras yang dipertontonkan Hamas kepada Israel belakangan ini harus diredam dengan sebuah "tindakan kebaikan" kepada warga Gaza.

Dalam wawancara dengan pembawa acara podcast Lex Fridman pada hari Jumat, Musk mengatakan bahwa bantuan Israel kepada rakyat Gaza justru akan menggagalkan niat kelompok teroris tersebut untuk mengobarkan perlawanan terhadap pemerintah Israel.

“Hamas benar-benar ingin melakukan kekejaman terburuk yang mereka bisa untuk memprovokasi respons paling agresif dari Israel, dan kemudian memanfaatkan respons agresif tersebut untuk menggalang umat Islam di seluruh dunia demi Gaza dan Palestina,” kata Musk.

Dengan adanya skenario yang demikian, maka menurut Musk, Israel harus mengamil langkah sedikit mundur ke belakang yakni dengan membantu dan memberikan perhatian kepada rakyat Gaza.

Sebab hanya dengan ini, maka Hamas akan berpikir dua kali untuk kembali menyerang Israel karena dukungan dunia mungkin akan beralih ke Tel Aviv.

“Jadi hal yang berlawanan dengan intuisi di sini, hal yang menurut saya harus dilakukan, meskipun sangat sulit, adalah saya akan merekomendasikan agar Israel melakukan tindakan kebaikan yang paling mencolok yang pernah ada,” lanjutnya. 

Seperti diketahui, perang di Gaza dimulai awal bulan lalu setelah militan Hamas membunuh lebih dari seribu warga sipil Israel dalam serangan mendadak.

Serangan balik militer Israel telah menewaskan lebih dari 11.000 warga Palestina, termasuk lebih dari 4.000 anak-anak, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Musk menjelaskan bahwa dia masih mendukung pembunuhan atau pemenjaraan anggota Hamas bila diperlukan, namun inisiatif kemanusiaan di Gaza, misalnya, dapat menghancurkan dukungan Hamas.

Caranya

Elon Musk bukan hanya sekadar memberikan ide namun juga menjabarkan cara-cara yang perlu dilakukan Israel untuk bisa merebut dukungan dunia.

Salah satunya adalah mendirikan rumah sakit atau beberapa hal lain yang membantu masyarakat Gaza yang selama ini jadi korban perang dua negara tersebut.

“Ada beberapa pembicaraan untuk mendirikan, misalnya, rumah sakit keliling. Saya merekomendasikan melakukan itu. Hanya memastikan bahwa, Anda tahu, ada makanan, air, kebutuhan medis," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper