Starlink Elon Musk Perkenalkan Terminal Satelit Baru, Makin Tipis

Rahmad Fauzan
Senin, 20 November 2023 | 13:48 WIB
Antena penangkap sinyal internet Starlink terpasang di atas atap mobil/dok.starlinkt
Antena penangkap sinyal internet Starlink terpasang di atas atap mobil/dok.starlinkt
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Space X baru-baru ini memperkenalkan produk terminal Standard Starlink anyar yang lebih tipis dan sederhana dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Mengutip The Verge, terminal yang memiliki daya pandang 10% lebih luas dibandingkan dengan versi sebelumnya ini tidak memerlukan motor dalam pengaturannya.

“Melainkan hanya menggunakan penyanggah. Apabila ingin mengarahkan terminal ini, pengguna hanya perlu memindahkan posisinya,” tulis The Verge dikutip Bisnis.com, Senin (20/11/2023).

Berdasarkan informasi resmi dari laman Support Starlink, kesempatan untuk membeli kit Starlink Standar baru hanya melalui undangan ke sekelompok kecil pelanggan lama di Amerika Serikat (AS).

“Kami tidak dapat mengakomodasi permintaan pesanan dari pelanggan yang tidak menerima undangan,” tulis Starlink dalam situs tersebut.

Saat ini, SpaceX meningkatkan ketahanan cuaca produknya dari IP54 menjadi IP67. Artinya, perangkat tersebut harusnya benar-benar tahan debu dan dapat terendam air sedalam 1 meter selama 30 menit sebelum potensi kerusakan.

Mengacu ke informasi di halaman spesifikasi Starlink, produk baru tersebut juga dapat beroperasi ketika kecepatan angin lebih dari 60Mph.

Namun, Starlink tidak memberikan informasi harga untuk produk ini.

Sebagai informasi, versi sebelumnya masih menggunakan perangkat ketahanan cuaca produk IP54 dan memiliki kemampuan mencairkan salju hingga 44mm/jam.

Selain itu, versi lama ini dalam beroperasi di suhu -30 derajat celsius sampai dengan 50 derajat celsius.

Adapun, terminal Standard Starlink cocok untuk pengguna residensial dan aplikasi internet sehari-hari, seperti streaming, panggilan video, game online dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper