Indosat dan Ericsson Selesaikan Konsolidasi Jaringan Circuit Switch, OPEX Turun 53%

Crysania Suhartanto
Senin, 23 Oktober 2023 | 21:30 WIB
Logo Indosat Ooredoo Hutchison/Dok. Indosat
Logo Indosat Ooredoo Hutchison/Dok. Indosat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Indosat Tbk. (ISAT) dan Ericsson menyelesaikan konsolidasi dua jaringan circuit switch (CS) yang terpisah yang lebih cepat daripada target. Penyelesaian proyek ini merupakan bagian dari program merger Indosat dengan IM3 pada 2022.

Program CS ini dapat membuat Indosat mengurangi risiko gangguan jaringan atau downtime saat pemadaman listrik ataupun gangguan fiber optik.

“Manfaat yang didapatkan adalah kedepannya pelanggan Indosat dapat menikmati layanan panggilan suara (telepon) dan SMS yang minim gangguan di seluruh Indonesia,” ujar laporan tersebut, dikutip Senin (23/10/2023).

Sebagai informasi proyek circuit switching adalah metodologi penerapan jaringan telekomunikasi di mana dua titik jaringan akan membentuk suatu saluran komunikasi khusus (sirkuit).

Alhasil, program ini telah berhasil menurunkan OPEX melalui pengurangan footprint sebesar 53% dan meningkatkan kepuasan pelanggan hingga 1,1%.

Selain itu, konsolidasi CS ini berdampak langsung pada peningkatan interaksi pelanggan sebesar 33 persen dan pengurangan call setup time sebesar 495 milidetik.

Direktur dan Chief Technology Officer Indosat Desmond Cheung mengatakan konsolidasi ini sejalan dengan misi Indosat untuk terus menyediakan jaringan yang andal sehingga meningkatkan pengalaman pengguna. 

Lebih lanjut, ujar Desmond, proyek ini juga membuat Indosat selangkah lebih dekat dengan target jangka panjangnya, yakni menghadirkan pengalaman digital kelas dunia.

“Kesuksesan penyelesaian proyek ini merupakan bukti komitmen bersama kami untuk melayani pelanggan,” ujar Desmond. 

Di sisi lain, Head of Ericsson Indonesia Krishna Patil mengungkapkan kebanggaannya untuk mendukung Indosat dalam menyelesaikan proyek CS Core Transformation lebih cepat dari jadwal yang ditentukan.

“Kami berharap dapat selalu berkolaborasi untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan,” ujar Krishna.

Sebagai informasi, ini bukanlah kolaborasi antara Indosat dengan Ericsson yang pertama. 

Sebelumnya pada awal tahun 2023, Ericsson telah mendukung Indosat untuk menyelesaikan integrasi jaringan dengan memanfaatkan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN) di Jabodetabek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper