Pensil Apple dengan Port USB-C Rilis, Harga Rp1,2 Juta

Redaksi
Sabtu, 21 Oktober 2023 | 08:50 WIB
Tangkapan layar pensil apple dengan USB Port C
Tangkapan layar pensil apple dengan USB Port C
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apple, perusahaan teknologi multinasional asal California, AS, memperkenalkan Apple Pencil murah yang dilengkapi  USB-C.

Aksesori iPad akan dibanderol dengan harga $79 atau setara Rp1,2 juta (kurs: Rp15.854) dan dilengkapi dengan penutup geser yang memperlihatkan port USB-C.

Hal ini juga menempel secara magnetis ke sisi iPad, bahkan pada model generasi ke-10 yang diluncurkan Apple tahun lalu. Tentu saja, harga yang lebih rendah berarti Pensil tidak dilengkapi dengan beberapa fitur premium yang ditemukan pada aksesori generasi pertama dan kedua.

Perangkat tidak mendukung sensitivitas tekanan, pemasangan dan pengisian daya nirkabel, atau fitur ketuk dua kali yang memungkinkan Anda beralih antar alat. Namun, masih mendukung hovering dengan model M2 di iPad Pro. 

Model Apple Pencil pertama menggunakan konektor Lightning yang menonjol  untuk dicolokkan ke port iPad Anda untuk mengisi daya. Sementara itu, model generasi kedua mengisi daya secara nirkabel dan tidak kompatibel dengan iPad generasi ke-10 yang diluncurkan Apple tahun lalu. 

Hal ini dapat membuat pemilik iPad memiliki pilihan yang kurang bagus jika ingin menggunakan stylus mewah dari Apple. Ini adalah waktu yang membingungkan untuk aksesori iPad.

Apple Pencil USB-C kompatibel dengan berbagai macam iPad, termasuk iPad Pro 12,9 inci generasi ketiga hingga keenam, iPad Pro 11 inci generasi pertama hingga keempat, iPad Air generasi keempat, dan generasi kelima, melalui iPad generasi ke-10 dan iPad Mini generasi keenam.  Apple Pencil USB-C akan tersedia pada awal November. 

Apple merilis Apple Pencil versi kedua pada tahun 2018, yang disebut Apple Pencil 2. Ini merupakan peningkatan besar dibandingkan model aslinya, menambahkan fitur seperti pengisian daya nirkabel. Artinya Anda tidak perlu mencolokkannya ke iPad Anda untuk mengisi daya. 

Cara menempel secara magnetis ke tepi iPad yang didukung berarti iPad memiliki flat edge yang mencegahnya menggelinding dari meja, dan mendukung kontrol gerakan untuk hal-hal seperti berpindah layar widget saat menggunakan aplikasi. Namun kenaikan ini menimbulkan biaya tambahan sebesar $129 setara Rp2 juta, bahkan melonjak dibandingkan harga  Apple Pencil pertama yang sebesar $30 atau Rp475.645.

Apple telah terlambat untuk beberapa pembaruan iPad.

Mereka meluncurkan iPad generasi ke-10 pada bulan Oktober 2022, iPad Pro yang ditenagai oleh chip M2 pada bulan yang sama, iPad Air dengan chip M1 pada bulan Maret 2022, dan iPad Mini yang didesain ulang pada bulan September 2021. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper