Lagi-lagi iPhone 15 Bermasalah, Kini Dituding Pakai Baterai Murahan

Restu Wahyuning Asih
Jumat, 13 Oktober 2023 | 07:30 WIB
iPhone 15/apple.com
iPhone 15/apple.com
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Masalah kembali datang kepada deretan ponsel baru Apple yakni iPhone 14 dan 15 series.

Setelah dilaporkan sejumlah pengguna soal masalah baterai mengembung. Kini Apple kembali diprotes karena kualitas baterai yang dinilai jelek.

Salah satu pembocor gadget @RGcloudS di X, mengatakan bahwa penyebab baterai iPhone 14 dan iPhone 15 cepat drop adalah karena murahan.

Ia menjelaskan bahwa baterai iPhone 14 dan iPhone 15 memiliki rata-rata usia 600 kali siklus pengisian daya. Angka ini ternyata lebih rendah dibanding mayoritas smartphone flagship lain yang miliki umur rata-rata 800 kali siklus pengisiann daya.

@RGcloudS kemudian membandingkan kualitas baterai iPhone dengan smartphone flagship lain yang berada di bawah naungan BBK Group (Oppo, Vivo, Realme, OnePlus).

Hasilnya, ponsel-ponsel ini memiliki umur baterai sampai 1.600 kali siklus pengisian dengan teknologi fast charging 100 watt hingga 240 watt.

Klaim Apple

Tudingan penggunaan baterai murahan untuk seri iPhone 14 dan 15 ini muncul setelah banyak pengguna mengeluhkan kondisi ponsel mereka.

Sejak Agustus, laporan mengenai masalah iPhone 15 meningkat. Beberapa pengguna di Reddit mengaku baterai iPhone mereka bocor.

Padahal Apple sendiri terkenal dengan klaim penggunaan baterai awet yang bertahan hingga 2 tahun lamanya. Kondisi kesehatan baterai pun dirancang bisa bertahan 80% dari kapasitas awalnya setelah 500 kali pengisian daya.

Namun kenyataannya, pengguna mengelami penurunan kapasitas baterai yang dratis meski belum mencapai 2 tahun pemakaian.

Dugaan pun muncul bahwa Apple sengaja menurunkan kualitas baterai mereka pada iPhone 14 dan 15 karena ingin mempertahankan harga barunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper