WhatsApp Bakal Rilis Fitur Kode Rahasia, Khusus Pengguna Android

Redaksi
Selasa, 10 Oktober 2023 | 12:41 WIB
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – WhatsApp tengah menguji fitur baru terkait kode rahasia yang membuat pengguna dapat mengontrol pesan yang diberikan. Fitur ini baru tersedia di Android versi WhatsApp beta. 

Fitur baru ini akan memberi Anda kontrol lebih besar atas obrolan yang terkunci dan cara Anda menulis pesan. Selain itu, versi ini menawarkan alat pemformatan teks tambahan dan kemampuan untuk lebih mengunci obrolan pribadi dengan menambahkan kode rahasia.

Sebelumnya, untuk mengakses chat yang terkunci memerlukan proses gesek dua kali dan disembunyikan dari daftar chat utama.

Seperti dikutip dari WABetaInfo, Senin (9/10/2023), kini Anda bisa mengatur kode penguncian chat yang bisa dimasukkan pada opsi pencarian untuk menampilkan nama chat yang terkunci.

Adanya fitur kode rahasia ikabarkan sudah muncul pada pembaruan WhatsApp beta untuk Android 2.23.21.8, setelah fitur Chat Lock diluncurkan pada Mei 2023.

Sebagai pengingat, fitur Chat Lock memperkenalkan penguncian obrolan pribadi dalam folder pribadi, yang hanya dapat diakses dengan mengautentikasi melalui metode yang sama yang digunakan untuk membuka kunci ponsel Anda.

Untuk membuat kode rahasia untuk obrolan yang terkunci, Anda dapat memilih kata atau emoji. Selain menggunakan PIN ponsel atau otentikasi biometrik, WhatsApp menyarankan untuk memilih kode rahasia yang mudah diingat untuk mengakses obrolan yang terkunci dengan mudah.

Setelah disetel, kode rahasia dapat dimasukkan ke dalam bilah pencarian untuk menampilkan nama obrolan yang terkunci. Penggunaan otentikasi biometrik masih diperlukan untuk dapat membuka kunci dan mengakses obrolan.

Fitur ini akan menjadi tambahan pada fitur keamanan WhatsApp karena akan memberi Anda kontrol lebih besar atas obrolan yang terkunci dan mencegah akses tidak sah. Bahkan, kode rahasianya juga bisa diubah atau dihapus sewaktu-waktu.

Metode dua gesekan tradisional seperti otentikasi biometric dan PIN ponsel di bagian atas daftar obrolan, juga masih tersedia untuk obrolan serta kode rahasia.

Alat pemformatan teks dan kode rahasia baru untuk obrolan terkunci hanyalah beberapa dari banyak cara yang dikembangkan WhatsApp  untuk meningkatkan pengalaman Anda. 

Dengan menambahkan fitur-fitur baru, WhatsApp semakin memudahkan Anda berkomunikasi dan berbagi informasi satu sama lain.

Selain itu, alat pemformatan teks baru ini juga akan membuktikan kegunaannya di WhatsApp, karena memungkinkan Anda mempersonalisasi pesan dengan banyak opsi kreatif yang tersedia, termasuk blok kode, panduan blok kutipan, dan daftar.

Namun, Meta saat ini sedang mengerjakan fitur baru untuk obrolan terkunci, khususnya kemampuan untuk mengatur kode rahasia. Tentu saja fitur ini masih dalam pengembangan, diharapkan akan dirilis pada pembaruan aplikasi di masa mendatang. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper