WhatsApp Versi Beta Hadir di iPad Apple

Redaksi
Rabu, 20 September 2023 | 20:42 WIB
Aplikasi WhatsApp terlihat di layar ponsel./Reuters-Thomas White
Aplikasi WhatsApp terlihat di layar ponsel./Reuters-Thomas White
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp, aplikasi pesan instan, tersedia dalam versi beta di perangkat iPad sehingga pengguna Apple bisa mengakses pesan dengan lebih mudah 

Banyak pengguna WhatsApp telah meminta versi yang kompatibel dengan iPad selama bertahun-tahun. Untuk menguji mode pendamping, WhatsApp telah merilis aplikasi asli yang dibuat dengan Mac Catalyst sehingga pengguna dapat mulai menguji fitur dan aplikasi.

Seperti dilansir WABetaInfo, WhatsApp versi Beta terbaru yang tersedia di TestFlight Apple kompatibel pada iPadOS. Sebelumnya, pengguna iPad harus menggunakan versi web karena tidak ada aplikasi iPadOS dan versi iPhone tidak kompatibel dengan tablet Apple.

WhatsApp Beta kini dapat berjalan di iPad dengan pendekatan serupa dengan aplikasi Mac. Selain itu, aplikasi iPad juga berfungsi saat iPhone tidak berada di dekatnya atau tidak tersambung ke jaringan Wi-Fi yang sama, mirip dengan aplikasi macOS baru.

Cara menginstal WhatsApp di iPad sangat sederhana. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp beta di iPhone dan iPad Anda.

Kemudian, buka WhatsApp di iPhone Anda dan navigasikan ke Pengaturan WhatsApp, pilih Perangkat Tertaut lalu pilih Tautkan Perangkat, dan pindai kode QR yang ditampilkan di iPhone Anda dengan iPad Anda.

Aplikasi kemudian akan mengunduh semua obrolan Anda dan Anda dapat mengirim dan menerima pesan di iPhone, iPad, dan Mac Anda. 

Seperti dikutip dari 9to5Mac, Rabu (20/09/2023) antarmukanya bisa memanfaatkan layar iPad yang lebih besar untuk menampilkan lebih banyak konten dalam kolom. Petunjuk pertama bahwa WhatsApp berfungsi pada aplikasi iPad muncul di web pada tahun 2021.

Perlu diketahui, versi iPad seperti versi desktop hanyalah sebagai aplikasi pendamping. Artinya Anda tidak dapat membuat akun WhatsApp baru dari akun ini. Namun, memiliki aplikasi iPad untuk mengakses pesan di ponsel Anda adalah kabar baik bagi pengguna WhatsApp. 

Faktanya, pesan dan panggilan Anda tetap terenkripsi ujung ke ujung untuk melindungi keamanan Anda. Namun perlu diingat, bahwa versi ini masih dalam versi beta. Dan beberapa fitur mungkin tidak berfungsi dengan baik. Ini termasuk memeriksa dan menerbitkan pembaruan status serta fungsi spesifik yang terkait dengan lokasi fisik.

Terkait ketersediaan tersebut, masih belum jelas kapan WhatsApp untuk iPad akan diluncurkan ke publik. Versi beta hanya tersedia melalui TestFlight dan aksesnya cukup sulit karena jumlah slot yang sangat terbatas. Semoga segera muncul di App Store. Namun, versi Mac membutuhkan waktu hampir satu tahun untuk dirilis. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper