East Ventures Suntik Rp41,6 Miliar ke Startup Manufaktur

Crysania Suhartanto
Selasa, 19 September 2023 | 15:12 WIB
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan rintisan bahan baku manufaktur Bababos mendapatkan suntikan dana awal (seed funding) sebesar US$3 juta atau sekitar Rp41,6 miliar yang dipimpin East Ventures.

Pendanaan inipun diraih hanya enam bulan setelah Bababos mendapatkan pendanaan awal (pre-seed) pada Maret 2023.

Co-founder dan CEO Bababos Fajar Adiwidodo mengatakan pendanaan baru ini akan digunakan guna membangun platform yang yang dapat menghubungkan manufaktur industri kecil dan menengah (IKM) dengan para pemasok bahan baku terbaik.

“Ke depannya, kami akan terus memperbarui strategi kemitraan dengan para pemasok agar dapat menyediakan bahan baku berkualitas dengan harga yang terbaik,” ujar Fajar, dikutip Selasa (19/9/2023).

Selain itu, Fajar juga mengatakan dana segar itu akan turut dialokasikan untuk mengakselerasi ekspansi bisnis Bababos ke wilayah-wilayah lainnya. Sebagai informasi, saat ini Bababos sudah tersedia di area Jabodetabek dan Surabaya.

Fajar mengaku, dengan adanya pendanaan ini, pihaknya menjadi lebih optimistis dengan potensi pasar yang ada. Apalagi mengingat antusiasme pelaku manufaktur IKM yang semakin meningkat hingga akhir kuartal III/2023.

Sebagai informasi, Bababos bergerak di model bisnis yang menyediakan solusi terkait permintaan bahan baku para manufaktur IKM.

Fajar mengatakan, sebelum adanya Bababos, IKM memiliki keterbatasan akses ke bahan baku yang berkualitas, harga yang kurang transparan, hingga keterbatasan dukungan finansial untuk modal kerja.

Tak heran, sejak diluncurkan pada satu tahun yang lalu, Bababos telah mengalami pertumbuhan signifikan dan menjangkau lebih dari 400 manufaktur IKM.

Dampak positif yang nyata juga dirasakan oleh pelaku IKM, dengan bisnis yang tumbuh 2-3 kali lipat semenjak bergabung dalam ekosistem Bababos.

Lebih lanjut Partner East Ventures Melisa Irene pun mengatakan pihaknya turut senang melihat perkembangan positif dari Bababos.

“Kami antusias untuk melanjutkan dukungan kami terhadap Bababos. Pendekatan inovatif berbasis teknologi yang Bababos hadirkan pada industri yang konvensional dan terfragmentasi sangatlah penting. Putaran pendanaan ini kembali menandakan keyakinan kami terhadap Bababos,” ujar Melisa.

Melisa pun mengharapkan dengan adanya suntikan dana ini, Bobabos terus mengalami pertumbuhan dan menghadirkan dampak positif bagi IKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper