73 Juta Gamers Terhubung dengan Jaringan Telkomsel Mei 2023

Rahmi Yati
Selasa, 11 Juli 2023 | 12:16 WIB
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menyampaikan telah melayani sekitar 73 juta pengguna gim (gamers) per Mei 2023.

Kehadiran jaringan yang andal dan luas serta gim-gim baru yang dipublikasikan oleh Dunia Games dan Indico menjadi salah satu pendorong maraknya masyarakt bermain gim di jaringan miliki anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) tersebut. 

Adapun pada kuartal I/2023 Telkomsel memiliki 151,06 juta pelanggan. Dengan pencapaian jumlah pengguna gim pada Mei 2023, menandakan bahwa lebih dari 50 persen pelanggan Telkomsel merupakan pengguna gim.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan sebagai digital lifestyle enabler, Telkomsel berkomitmen untuk secara konsisten hadir membuka semua peluang dengan menghadirkan ragam produk dan layanan inovatif bagi pelanggan. 

Khusus di industri gim dan esports nasional, komitmen tersebut diwujudkan melalui beberapa inisiatif melalui kehadiran platform Dunia Games, serta menghadirkan berbagai games terbaru melalui games publisher MajaMojo dari Indico.

“Pada Mei 2023, Telkomsel telah mencatatkan jumlah pelanggan games hingga lebih dari 73 juta. Aktivitas para pelanggan tersebut dalam bermain games telah berkontribusi terhadap lebih dari 29 Petabyte (PB) payload atau sekira 2,2 persen dari total payload Telkomsel secara keseluruhan,” kata Saki kepada Bisnis, Selasa (23/7/2023). 

Saki mengatakan meski demikian pada periode tersebut payload untuk games mengalami penurunan sekitar 13,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Penurunan tersebut disebabkan dengan berakhirnya pembatasan kegiatan masyarakat pada akhir 2022 dan masyarakat mulai kembali dapat beraktivitas secara offline di luar rumah.

Telkomsel meyakini bahwa Indonesia masih memiliki peluang dan potensi besar, serta talenta-talenta unggul dengan daya saing tinggi di industri gaming dan esports, baik sebagai gamer, developer, maupun publisher. 

Dengan berkolaborasi bersama para pemangku kepentingan untuk memperkuat ekosistem gaming dan esports secara inklusif dan berkelanjutan, Telkomsel berharap dapat terus menjadi penggerak dan pendukung utama bagi industri gaming dan esports Tanah Air.

Dalam upaya menunaikan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi digital Indonesia pada masa mendatang, Telkomsel melalui Dunia Games berusaha menjadi penggerak ekosistem dan pendukung utama bagi industri gaming dan esports Tanah Air.

Sejak dihadirkan pada 2017 lalu, Dunia Games secara konsisten telah menggelar turnamen-turnamen bergengsi, seperti Indonesia Games Championship, Dunia Games League, DGWIB Championship, DGWIB Regular Season, dan turnamen-turnamen tingkat grassroot yang diadakan di lebih dari 120 cluster di seluruh Indonesia.

Saki menuturkan perseroan berkomitmen membuka semua peluang untuk bersama jadi yang terdepan dengan menunjang kenyamanan pengalaman gaya hidup pelanggan, termasuk untuk gaming dan esports. 

Salah satu vertikal bisnis digital INDICO, yakni MajaMojo, kata Saki, melengkapi kehadiran Telkomsel di industri game. 

“Melengkapi peran Dunia Games sebagai penggerak ekosistem, Majamojo berfokus mengembangkan bisnis gaming dan menerbitkan games terkini seperti Boxing Star dan Luna Fantasia Mobile,” kata Saki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper