Malam Ini Siaran TV Analog di Banjarmasin Padam, Jangan Kaget!

Rahmi Yati
Senin, 20 Maret 2023 | 09:22 WIB
Ilustrasi TV Digital/Istimewa
Ilustrasi TV Digital/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Siaran TV analog di wilayah Kalimantan Selatan 1 (Kalsel-1) yang meliputi Kota Banjarmasin dan empat Kabupaten/Kota sekitarnya akan dipadamkan hari ini, Senin (20/3/2023) pukul 24.00 waktu setempat, berganti menjadi siaran TV digital.

Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Infomatika (Ditjen PPPI) Kemenkominfo Geryantika Kurnia mengatakan kebijakan ini berdasarkan koordinasi dengan Pemda, Lembaga Penyiaran dan stakeholder.

Selain itu, ujarnya, juga berdasarkan distribusi perangkat set top box (STB) untuk rumah tangga miskin (RTM) yang sudah mencapai 95 persen.

"Kita telah menyepakati untuk memprioritaskan program Analog Switch Off [ASO] ini pada 20 Maret 2023 pukul 24.00 waktu setempat untuk wilayah Kalimantan Selatan 1 [Kota Banjarmasin dan 4 Kabupaten/Kota sekitarnya]," katanya kepada Bisnis.com, Senin (20/3/2023).

Meski Gery menyebut salah satu hambatan pelaksanaan distribusi STB adalah karena faktor cuaca ekstrem di Kalimantan Selatan, tetapi hal itu tidak mengubah fokus persiapan ASO di wilayah tersebut.

Apalagi, imbuh dia, posko bantuan juga telah disiapkan sebagaimana pelaksanaan suntik mati siaran TV analog di kota-kota lain sebelumnya.

"Posko ini disiapkan untuk RTM yang memenuhi kriteria dan belum mendapatkan STB," tutur Gery.

Adapun Gery menambahkan, jumlah penonton TV digital saat ini telah mencapai 53,5 juta orang. Sebelum diberlakukannya ASO, jumlah penonton TV analog sekitar 59 juta.

Selain itu, sambungnya, Nielsen juga melakukan survei terkait dampak migrasi siaran TV analog ke digital yang resmi dilakukan sejak 2 November 2022 di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Jogyakarta, Solo dan Surabaya.

Hasilnya, berdasarkan data per 15 Maret 2023, penetrasi TV digital di kota-kota tersebut sudah relatif normal, hingga paling tinggi sekitar 97 persen.

"Secara nasional sekitar 71 persen masyarakat sudah beralih ke siaran digital dan siaran TV analog makin ditnggalkan," tutup Gery.

 

Berikut daftar wilayah di Kalsel-1 yang akan memadamkan siaran TV analog hari ini:

Kota Banjarmasin

Kota Banjarbaru

Kabupaten Banjar

Kabupaten Barito Kuala

Kabupaten Tanah Laut

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper